Tanah BUMN Seluas 360 Ribu Hektar Akan Dijadikan Landbank

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Desakan agar pemerintah menyiapkan stok (landbank) untuk pembangunan rumah rakyat mulai mendapat respon positif. Menurut Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Syarif Burhanuddin, pemerintah tengah menginventarisir lahan-lahan milik BUMN dan kementerian yang selama ini menjadi aset tidak produktif  untuk dijadikan landbank.

lahan pt kai di stasiun bogor

“Ini tengah diinventarisir oleh Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, total ada 360 ribu ha di seluruh Indonesia dan ini akan diidentifikasi lagi mana yang layak untuk perumahan. Saya sudah melihat di beberapa lokasi, nanti bisa kita serahkan ke Perumnas dan pengembang untuk dibangun rumah murah,” ujarnya kepada housing-estate.com usai pembukaan Real Estat Ekspo 2015 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Saat ini Kemenpupera dan Kementerian Keuangan terus melakukan koordinasi secara intensif membahas soal lahan yang akan dijadikan landbank. Nantinya lahan-lahan ini akan diserahkan Kementerian Keuangan kepada Kemenpupera untuk didistribusikan kepada pengembang yang siap khususnya ke Perumnas.

“Tidak semua lahan bisa dikembangkan untuk rumah murah karena banyak juga yang lokasinya di pedesaan. Intinya, begitu lahan ini turun ke Kemenpupera, kita bisa langsung take action dan penyediaan rumah rakyat jadi lebih mudah dan murah karena lahannya sudah tersedia,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me