Jaringan Hotel Marriott-Starwood Bakal Menguasai Dunia

Big Banner

KOMPAS.com – Disuntingnya jaringan global Starwood Hotels and Resorts Worldwide (Starwood) oleh Marriott International (Marriott) bakal menjadikan keduanya sebagai penguasan perhotelan dunia. 

Betapa tidak, masing-masing memiliki portofolio aset ribuan properti hotel di lebih dari 100 negara. 

Starwood saja hingga Oktober 2015 memiliki 1.270 properti dengan 180.000 karyawan. Jaringan ini adalah pemilik merek terintegrasi, operator dan pemilik waralaba dari hotel, resor dan tempat tinggal mewah dunia.

Merek yang dinaungi adalah St Regis®, Luxury The Collection®, W®, Westin®, Le Méridien®, Sheraton®, Empat Points® by Sheraton, Aloft®, Element®, dan baru-baru ini memperkenalkan Tribute Portofolio ™.

Perusahaan juga menawarkan salah satu program loyalitas yakni Starwood Preferred Guest (SPG®) dengan anggota sebanyak 21 juta.

JW Marriott Hotel Jakarta kolam renang di JW Marriott Hotel Jakarta

Sementara Marriott adalah perusahaan global yang berbasis di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat.

Menurut laman resminya, Marriott saat ini memiliki dan mengelola lebih dari 4.300 properti di 85 negara. Pendapatan per tahun fiskal 2014 tercatat senilai 14 miliar dollar AS.

Perusahaan ini mengoperasikan sekaligus mewaralabakan hotel dan lisensi kepemilikan di bawah 19 merek popular.

Ke-19 merek tersebut adalah The Ritz-Carlton®, BVlgari®, EDITION®, JW Marriott®, Autograph Collection® Hotel, Hotel Renaissance®, Marriott Hotels®, Delta Hotel dan Resorts®, Marriott Executive Apartments®, Marriott Vacation Club®, Gaylord Hotels®, AC berdasarkan Marriott®, Courtyard®, Residence Inn®, SpringHill Suites®, Fairfield Inn & Suites ®, TownePlace Suites®, Protea Hotels® dan MoxyHotels®.

Marriott juga mengelola program loyalitas bertajuk Marriott Rewards® dan Program Ritz-Carlton Rewards®, yang beranggotakan lebih dari 53 juta. 

the ritz carlton bali Hotel The Ritz-Carlton Nusa Dua, Bali.

Ketika Marriott dan Starwood digabungkan, maka keduanya akan memiliki 5.570 hotel dengan lebih dari 1,1 juta kamar di lebih dari 100 negara.

Jumlah tersebut sekaligus menahbiskan kedua raksasa hotel ini sebagai pemuncak daftar sepuluh jaringan hotel dunia. 

Jauh mengungguli imperium hotel lainnya macam InterContinental Hotel Group (IHG), Hilton Worldwide, Wyndham Hotel Group, Choice Hotels International, Accor Group, Best Western, Home Inns, dan Carlson Rezidor Hotels Group.

Baca juga:
Marriott Akuisisi Starwood 12,2 Miliar Dollar AS
Ini Dampak Perkawinan Dua Raksasa Hotel Dunia

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me