Rumah Murah di Jakarta

Big Banner

Pemilikan rumah di Jakarta memang didominasi oleh menengah atas. Tetapi tidak jarang juga banyak perumahan yang masih menawarkan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah.

Justru mungkin di jaman sekarang, orang yang memang mempunyai penghasilan di atas rata-rata, sebut saja begitu, lebih memilih tinggal di pinggiran Jakarta. Walaupun demikian mereka memang mempunyai beberapa pertimbangan terhadap properti yang mereka punya. Mungkin karena dekat dengan akses jalan tol yang memudahkan mereka untuk berpegian, jadi dipilihlah lokasi tersebut.

Memang harga yang melambung tinggi untuk proeprti khususnya di Ibu Kota Jakarta bisa membuat masyarakat yang mempunyai penghasilan pas-pasan menjadi kehilangan harapan untuk bisa mendapatkan rumah di kota tercinta, Jakarta.

Rumah dengan kategori mahal sudah pasti memliki harga di atas Rp 500 juta, itulah yang membuat banyak yang memilih memiliki properti, khususnya rumah pribadi di pinggiran Jakarta. Sebagai contoh, jika Anda memilih daerah Depok atau Cinere, beberapa tahun ke depan, akan ada dua akses jalan tol yang mulai beroperasi, tol Cinere-Jagorawi dan Depok-Antasari. Jadi, jika Anda yang memang mempunyai banyak kesibukkan di kota Jakarta tetapi tinggal bukan di kota jAkarta, Anda bisa mempertimbangkan daerah yang mudah untuk akses jalan tol setidaknya.

Namun, bagi Anda yang memang mempunyai impian untuk membeli rumah di Jakarta, jangan berkecil hati, mungkin cara-cara di bawah ini dapat Anda lakukan untuk mendapatkan rumah di sekitaran Jakarta.

Sabar

Dengan sikap yang sabar Anda akan bisa menemukan rumah yang Anda cari sesuai dengan budget yang ada. Semabri mengumpulkan modal untuk membeli rumah, Anda bisa melakukan pencarian entah itu survey langsung atau melalui internet, karena sekarang sudah tersedia juga situs online yang bisa menjadi referensi Anda untuk mencari rumah impian Anda. Maka dari itu kesabaran Anda dituntut lebih tinggi.

Untuk selalu mendapat update mengenai informasi dari harga rumah terbaru, Anda bias mendaftarkan email Anda di dalam situs tersebut. Dengan begtu, Anda akan selalu mengupdate informasi tentang rumah. Memang membeli rumah khususnya di Jakarta membutuhkan kesabaran, karena rumah adalah investasi di masa depan. Banyak pertimbangan yang harus Anda gali sehingga tidak terkecoh akan satu pilihan saja.

Beli rumah lama

Yang dimaskud di sini adalah membeli rumah yang sudah mempunyai umur yang bisa dibilang tua. Ini adalah alternatif, di mana Anda bisa membeli rumah di sekitaran Jakarta mungkin dengan harga yang terjangkau. Tetapi perlu diingat membeli rumah tua yang mungkin kondisnya sudah kurang baik akan membuat kocek Anda bertambah lagi karena mungkin harus memperbaiki bagian-bagan krusial dari rumah itu.

Jangan dianggap rumah tua itu rumah kuno yang mempunyai sejarah yang panjang dan mempunyai arsitektur yang luar biasa, justru rumah tersebut memiliki nilai harga yang fantastis. Selain sejarah, material yang ada pun sudah pasti bagus.

Rumah tua yang kami maksudkan di sini adalah rumah yang harganya memeang murah karena kondisinya yang mungkin sudah perlu perbaikan, seperti; genteng bocor, cat yang mengelupas. Rumah yang seperti ini umumnya juga sudah tidak ditinggali lagi dengan pemiliknya karena pemiliknya tinggal di rumah lain.

Meski kondisinya yang kurang baik, tetapi pastikan rumah tersebut terdapat pada lokasi yang strategis, sehingga setelah Anda merenovasinya, mungkin bisa Anda jual kembali atau pun dikontrakan, sehingga uang Anda pun akan mengalami perputaran. Sebisa mungkin cari rumah tua yang paling minim kondisi untuk direnovasinya, mengingat memang biaya renovasi yang tidak murah.

Rumah lama dengan kondisi yang kurang memungkinkan, bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif murah bahkan di kondisi tertentu, penjual bisa saja menjual dengan menghitung tanahnya saja.

Beli rumah lelang

Harga rumah lelang lebih murah dibandingkan dengan harga rumah yang ada di pasaran, informasi mengenai rumah lelang bisa Anda dapatkan melalui bank. bank akan melelang rumah karena ada debitur yang gagal dalam melunasi pinjaman. Rumah yang dilelang adalah rumah yang dijadikan jaminan pinjaman oelh pemiliknya, lalu disita oleh bank untuk membayar sisa cicilan debitur.

Agar Anda tidak tertipu dengan pelelangan rumah tersebut, Anda bisa mengikuti langkah singkat ini untuk mendapat informasi yang lebih dalam lagi mengenai rumah yang dilelang tersebut.

Pastikan surat-surat yang memang penting dalam jual beli rumah, seperti; IMB, PBB, sertifikat tanah dan rumah
Survey rumah tersebut, cek semua kondisi rumah. Sesuaikan dengan apa yang sudah ada dalam daftar pelelangan tersebut. Bank pasti akan menawarkan rumah-rumah yang dilelang tersebut melalui media massa dan informasi dari kantor mereka
Tanyakan kondisi rumah tersebut secara lengkap bisa kepada tetangga sekitar, mungkin juga kepada RT yang bertugas. Tanyakan seperti; riwayat dari awal pemilik sampai akhirnya dilelang sepert itu, jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ke depannya
Pahami dokumen terkait pelelangan tersebut, paling aman jika sudah ada persetujuan antara bank dengan pihak pemilik rumah tersebut
Rumah yang dilelang sudah pasti lebih murah harganya, karena bank pun membutuhkan dana dengan cepat agar perputaran uang di bank lancar. Jika melelang dengan harga murah, bank pastinya akan mendapatkan uang lebih cepat.

Beli rumah di pinggiran

Seperti yang sudah dijabarkan di awal artikel, bahwa rumah di pinggiran pun bisa menjadi alternatif jika Anda memang menginkan sekali mempunyai rumah di Jakarta. Alternatif tersebut bisa Anda dapatkan di daerah pinggiran Ibu Kota yang dekat dengan kota penyangga. Karena harga rumah di pinggir kota Jakarta yang masih banyak terpengaruh dengan harga di kota sebelah, menjadikan harga rumah tersebut lebih murah.

Rumah di pinggir Jakarta tetap dapat menjadi investasi yang menark, asalkan mempunyai akses yang mudah menuju jantung kota dan lokasi yang aman, misal seperti; terhindar dari banjir yang masih menghantui Jakarta.

Beli rumah dengan sertifikat bermasalah

Rumah yang sertifikatnya kurang lengkap pasti berharga miring. Bukan bermaksud krminalisasi, Anda bisa mencari rumah dengan kondisi seperti ini. Sudah pasti perbandingan harganya yang lebih murah dengan harga rumah yang mempunyai sertifikat yang baik.

Namun, Anda harus secara pasti mengecek serta memastikan dengan seksama bahwa pengurusan rumah itu tidak ribet. Misalnya; memastikan bahwa pemilik rumah tu tidak meninggalkan kota atau negara yang dia tinggali, sehingga dalam proses pengurusan surat membutuhkan kehadirannya, si pemilik rumah tersebut mudah untuk diundang.

rumah123.com