Strategi Sukses Bisnis Rumah Kontrakan & Kos-Kosan – Property

Big Banner

ANDA tertarik berbisnis rumah kontrakan atau kos-kosan (indekos)? Bisnis ini memang cukup menggiurkan. Secara umum, rental yield yang bisa diperoleh berkisar 10 persen per tahun, namun delapan persen per tahun pun sudah cukup, asal masih ada marjin keuntungan.

Akan tetapi tak semua lokasi potensial untuk dijadikan rumah kontrakan atau kos-kosan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum terjun ke bisnis ini. Berikut pemaparannya:

Survei Kawasan

Anda dapat mulai memerhatikan rumah kontrakan atau indekos di wilayah sekitar. Apakah penuh atau kosong? Jika ternyata penuh, maka ada kesempatan bagi Anda untuk membuat rumah kontrakan atau indekos.

Potensi Pasar

Potensi pasar utama rumah kontrakan dan indekos adalah karyawan pusat perbelanjaan, mal, pabrik, perkantoran, atau mahasiswa. Anda dapat mencari data apakah ada potensi penambahan karyawan perusahaan, pabrik, atau mahasiswa di universitas yang berada di sekitar lokasi Anda. Bertambahnya karyawan atau mahasiswa, berarti ceruk pasar rumah kontrakan dan indekos juga membesar.

(rtw)

1 / 2

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me