Tiga Biang Keladi Mahalnya Harga Rumah – Property

Big Banner

JAKARTAHarga properti di kuartal IV-2015 diproyeksikan masih dalam tren meningkat. Ada tiga hal yang mempengaruhinya.

“Kenaikan harga bahan bangunan, upah pekerja, dan kenaikan harga bahan bakar minyak masih menjadi faktor penyebab kenaikan harga rumah,” demikian seperti dikutip dari hasil Survei Bank Indonesia (BI) mengenai Harga Properti Residensial, Senin (16/11/2015).

BI mencatat, berdasarkan tipe rumah, kenaikan harga yang melambat terutama terjadi pada rumah tipe kecil (1,02 persen). Sementara itu berdasarkan wilayah, Bandar Lampung tercatat tidak mengalami kenaikan harga (nol persen)

Pada kuartal sebelumnya tiga komponen tersebut juga memiliki kontribusi kenaikan harga yang signifikan. Kenaikan harga bangunan memberikan kontribusi 31,83 persen, upah pekerja sebesar 23,17 persen, dan kenaikan harga bahan bakar minyak 18,56 persen.

Saat ini harga dan volume penjualan properti residensial masih menunjukkan perlambatan dan diperkirakan berlanjut pada triwulan IV-2015.

Untuk pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial pada triwulan III-2015 melambat baik secara triwulanan maupun tahunan, masing-masing sebesar 0,99 persen (qtq) dan 5,46 persen (yoy).

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me