Mau Renovasi Rumah? Perhatikan Hal Berikut Ini – Property

Big Banner

JAKARTA – Mempunyai sebuah rumah bagai istana yang memberikan kenyamanan, tentunya merupakan impian semua orang. Akan tetapi, banyak penghuni juga tak luput dari rasa jenuh dengan bentuk atau suasana rumah lamanya, sehingga biasanya penghuni merasa terdesak ingin melakukan renovasi.

Mengingat merenovasi rumah memerlukan biaya yang tak sedikit, maka pastikan Anda mempunyai alasan mengapa ingin merenovasi rumah dan tentunya disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan akan dikeluarkan.

Seorang Arsitektur bernama Rita Laksmitasari mengatakan, ketika penghuni akan merenovasi rumah, pastinya ada beberapa alasan atau hal-hal yang perlu diperhatikan yang sudah matang dipertimbangkan.

“Penyebabnya ‘kan banyak, bisa karena rusak, bisa juga merenovasi ada kebutuhan tambahan, rumah lama tidak mencukupi lagi, atau renovasi akan membuat tampilan rumah menjadi baru dibanding rumah lama,” ucapnya kepada Okezone, Jakarta, belum lama ini.

Hal pertama, ungkapnya, pastikan penghuni merenovasi rumah bila penghuni membutuhkan satu atau beberapa tambahan ruang yang bersifat sangat mendesak.

“Misalnya, hanya punya dua kamar tadinya, kemudian anaknya beranjak dewasa dan butuh kamar lagi, sehingga butuh ruang. Selain itu, ada kebutuhan tambahan lagi enggak? Misalnya kamar mandi,” imbuh dia.

Pasalnya, hal ini harus dilakukan dengan perkiraan, guna memastikan lahan kosong yang tersedia atau dimiliki, masih mencukupi untuk memungkinkan dilakukan tambahan ruang atau tidak.

“Kalau lahan terbatas, mungkin jadi di tingkat. Kita juga harus lihat strukturnya kalau tingkat, kita butuh ruang lain ruang yang di-list tadi. Di mana letak tangga dan lain-lain,” tambahnya.

Bila demikian, kata dia, akan menjadikan suatu rencana baru yang sangat memengaruhi rumah secara keseluruhan baik dari segi tata ruang hingga pada pasak bangunannya atau hal rinci mendalam lainnya. Sehingga, akan berdampak terhadap budget yang telah disediakan atau dimiliki.

“Semua itu pasti pengaruh budget dikeluarkan selain pastinya material bangunan,” lanjutnya.

Kemudian hal kedua yang harus dipertimbangkan ketika hendak merenovasi rumah, lanjut dia, pastikan penghuni terdesak ingin merenovasi rumah lantaran ada bagian rumah yang mengalami kerusakan.

“Renovasi jenis ini agak kagetkan yang punya rumah, tadinya enggak ada budget, tiba-tiba harus ada uang untuk renovasi,” paparnya.

Oleh sebab itu, harus dipertimbangkan pula faktor perbaikan tersebut apakah harus segera diperbaiki atau masih dapat ditunda dan tentunya juga disesuaikan dengan budget yang telah disiapkan.

“Kerusakan dilihat dulu, apakah hanya dari material yang lapuk atau menjalar ke konstruksi. Bocornya karena genteng misalnya, penutupnya kita ubah. Atau misalnya ternyata keropos akibat rayap, renovasi cukup besar karena konstruksi utama,” terang dia.

Terakhir, tuturnya, pastikan penghuni ingin melakukan renovasi rumah lantaran ingin mengubah suasana rumah. Bila demikian, maka biasanya budget telah disiapkan jauh-jauh hari sebelum akan dilakukannya renovasi.

“Tadinya rumah enggak masalah, tapi ada budget ingin jadikan rumah jadi nyaman. Sirkulasi udara diperbaiki atau renovasi. Budget sudah siap,” pungkasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me