Tahun Depan, Kementerian ATR/BPN Siapkan Tiga Program Prioritas

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Sambut 2016, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyiapkan program prioritas.

Sebagaimana tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, setidaknya ada tiga program prioritas yang dikedepankan.

Tiga program ini, mendapat porsi hampir 50 persen dari seluruh anggaran Kementerian ATR/BPN yang mencapai lebih dari Rp 6 triliun.

“Tahun depan, fokus kami masih pada program reforma agraria, penyelesaian sengketa, dan pengendalian tata ruang,” ujar Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan di ruangannya, Rabu (18/11/2015).

Menurut kajian internal Kementerian ATR/BPN, tiga program ini menjadi prioritas karena memang dirasakan dan dialami langsung oleh masyarakat. Dengan kata lain, program ini menjawab kebutuhan masyarakat. 

Dia mencontohkan, pada program penataan ruang dan pemanfaatan tanah, pemerintah menerapkan pola-pola tertentu untuk melihat apakah ada kejanggalan dalam penerapan tata ruang.

Pemerintah harus bisa tegas dalam menghentikan pembangunan jika memang tidak sesuai dengan tata ruang.

“Kalau terbiasa membiarkan, pemerintah tidak pernah punya keberanian untuk memberhentikan itu,” jelas Ferry.

Begitu pula dengan penanganan sengketa. Menurut Ferry, kementerian memang menyiapkan beberapa kategori sengketa. Namun, semua kategori ini membutuhkan ketegasan dan kecepatan dalam mengambil keputusan agar masalahnya segera dilokalisasi.

Dengan begitu, sengketa dan konflik agraria tidak membutuhkan waktu berlarut-larut dalam penyelesaiannya.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me