Bandung Terpilih Menjadi Finalis “World Smart City Awards 2015”

Big Banner

KOMPAS.com – Bandung terpilih mewakili Indonesia sebagai finalis “World Smart City Awards 2015”. 

Ibu kota Jawa Barat ini akan bersaing dengan kota-kota lainnya seperti Buenos Aires, Curitiba, Dubai, Moskow, dan Peterborough menjadi pemenang dalam penghargaan tahunan tersebut.

Keenam kota itu berkompetisi memperebutkan penghargaan atas inovasi, strategi kolaborasi berkelanjutan, dan dampak kebijakan yang dibuat untuk kota.

Terpilihnya Bandung sebagai finalis “World Smart City Awards 2015” tak terlepas dari program yang dibuat oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bandung.

Program tersebut ditujukan untuk membuat Bandung sebagai satu Kota Cerdas. Caranya adalah dengan menghubungkan warga lokal melalui penyelenggaraan tata pemerintahan partisipatif guna mendorong dinamika cerdas perkotaan.

Kota lainnya, yakni Buenos Aires di Argentina berhasil menjadi finalis berkat program kesadaran terhadap situasi banjir.

Kemudian Curitiba, Brasil, mengedepankan program transformasi sanitasi melalui depolusi hidrik dengan meningkatkan kualitas air sungai.

Finalis lainnya, yaitu Dubai memiliki pendekatan komprehensif untuk mendatangkan kebahagiaan sebagai ‘senjata’ memenangi “World Smart City Awards 2015”.

Sementara Moskow hadir dengan sistem solusi kota agar bisa bersaing dengan kota lainnya dan terakhir Peterborough, di Inggris hadir dengan programnya berupa laboratorium hidup perkotaan cerdas.

“World Smart City Awards” diselenggarakan dengan tujuan mengenali proyek atau program pelopor terhadap perkembangan kota.

Selain itu, menstimulasi kota untuk terus tumbuh menjadi tempat berkelanjutan, efisien, ekonomis, dan layak huni.

Semua kalangan, mulai dari pengusaha, peneliti, organisasi non-pemerintah, dan konsorsium publik atau swasta didorong dapat menciptakan strategi kota pintar yang inovatif dan solutif untuk dinilai oleh panel juri ahli dalam empat kategori.

Selain penghargaan untuk Kota Cerdas atau city award, tiga penghargaan lainnya adalah project award, innovative idea award, dan honorary award.

Pemberian “World Smart City Awards 2015” akan dilaksanakan di Barcelona, Spanyol pada 18 November 2015 waktu setempat.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me