Ternyata Ini Sebab Lain Terjadinya Banjir di Jakarta

Big Banner

Musim hujan telah tiba. Warga Jakarta harus bersiap menghadapi kemungkinan banjir yang biasanya selalu terjadi setiap tahun. Namun ternyata banjir tersebut bukan saja terjadi karena hujan, tetapi juga karena menurunnya permukaan tanah. 

“Jakarta memang dilihat dari data, banjirnya tidak hanya diakibatkan dari hulu tapi juga dari laut ancamannya yaitu permukaan air laut semakin tinggi sementara permukaan tanah semakin menurun, kenyataannya ada 13 sungai di Jakarta dan sebagian besarnya tidak mengalir secara gravitasi, karena memang kondisinya lebih rendah dari permukaan laut,” ujar Untung Budi Santosa, Sekretaris Harian Dewan SDA Nasional, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.  

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  mengerahkan berbagai upaya untuk meminimalisir banjir akibat penurunan tanah itu. Diantaranya dengan menyiapkan pompa di beberapa titik, merevitalisasi waduk, menormalisasi kali Ciliwung, dan mengeruk sungai.  

Sementara itu, dalam lingkup nasional pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menganggarkan Rp 5,5 triliun untuk membangun waduk, memperbaiki tanggul, bangunan pintu air sehingga bisa berfungsi secara optimal untuk mengendalikan banjir di saat musim hujan dan sebagai tempat penyimpanan air di saat musim kemarau.  

Selain itu, pemerintah juga memasang sistem peringatan dini di sejumlah lokasi di Indonesia. Untuk itu, Untung berharap masyarakat bisa turut berkontribusi menangani dan meminimalisir dampak banjir, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan ke dalam sungai.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me