Jalan Beton Sekarang Bisa Menyerap Air

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perkerasan jalan menjadi salah satu penyebab bajir karena berkurangnya lahan untuk resapan air. Untuk itu Holcim Indonesia mengeluarkan produk beton berpori ThruCrete, yaitu beton yang masih bisa menyerap air. Jenis beton ini dapat menjadi salah satu solusi permasalahan genangan di jalan berbeton.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Ini merupakan bentuk visi kami untuk mengembangkan solusi berkelanjutan bagi kota kita. Dengan Holcim ThruCrete, air di permukaan tetap bisa terserap ke tanah sehingga beban drainase juga bisa berkurang,” ujar Sita Budiastari,  Value Added Solution Manager Holcim Beton, saat mengaplikasikan produk ini untuk pedestrian di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (17/11).

Holcim ThruCrete memiliki tebal perkerasan 15 cm dengan tebal lapis bawah (base coarse) 7 cm dan rongga udara 30 persen. Beton ini bisa menampung air sebanyak 66 liter per meter persegi. Jenis beton ini sudah diaplikasikan di landasan pacu Bandara Juanda, Surabaya, pada area taxi way seluas 3.500 m2. Produk ini dinilai cocok diaplikasikan di bandara karena air di landasan langsung terserap sehingga dapat meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sita berharap dengan adanya produk  ini pemerintah bisa meningkatkan pelayanan publik dalam mengatasi permasalahan genangan khususnya di perkotaan. “Perlu ada keseimbangan antara pertumbuhan infrastruktur dengan faktor alam. Kami berharap produk ini bisa memberikan solusi bagi permasalah kota kita sehingga bisa meminimalisir kerugian kota akibat banjir,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me