PP Penguatan Perumnas Sudah Terbit

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Wacana untuk mengembalikan Perumnas ke khitahnya sebagai penyedia rumah rakyat segera terwujud. Revisi Peraturan Pemerintah (PP) No. 15 Tahun 2004 untuk penguatan peran Perumnas sudah terbit.

Ilustrasi : Gedung Perumnas

Ilustrasi : Gedung Perumnas

“Nanti Perumnas tidak hanya membangun tapi juga property management, mengelola, bahkan bisa take over proyek dari pengembang lain. Tugas Perumnas menjadi lebih berat tapi khusus untuk rumah murah pemerintah akan mendukung sepenuhnya,” ujar Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), kepada housing-estate.com, Rabu (18/11).

Diharapkan dengan keluarnya PP ini Perumnas dapat berbuat lebih banyak. Lebih dari satu dekade terakhir Perumnas kehilangan perannya dalam pembangunan perumahan rakyat karena pemerintah tidak lagi memberi dukungan dana. Perusahaan pelat merah khusus perumahan ini juga dituntut menghasilkan keuntungan. Akibatnya Perumnas tidak dapat lagi membangun rumah rakyat yang harganya ditetapkan pemerintah dan menjalin kerjasama dengan pengembang swasta untuk mengembangkan asetnya menjadi properti komersial.

Tindak lanjut dari penguatan itu pemerintah akan menyerahkan lahan milik BUMN dan BUMD kepada Perumnas untuk dibangun perumahan rakyat.Kemenpupera dan Kementerian Keuangan cq Dirjen Kekayaan Negara tengah menginventarisir lahan-lahan tidur di seluruh Indonesia yang potensinya mencapai 360 ribu ha.

“Penyediaan perumahan ini tugasnya pemerintah makanya kita perkuat Perumnas sekaligus untuk mempercepat program sejuta rumah. Kalau ini sudah berjalan efeknya pasti akan sangat luar biasa untuk percepatan pembangunan program sejuta rumah,” tandasnya.

housing-estate.com