Lahirkan Perusahaan Hotel Terbesar, Marriott Akuisisi Starwood Rp167 Triliun – Property

Big Banner

JAKARTA – Perusahaan properti asal Amerika Serikat (AS), Marriott International mengakuisisi Starwood Hotels & Resorts senilai USD12,2 miliar atau setara Rp167,5 triliun (mengacu kurs Rp13.729 per USD).

Dengan akuisisi yang fantastis tersebut, akuisisi ini digadang-gadang akan menciptakan perusahaan hotel terbesar di dunia.

Dilansir dari Business Insider, Kamis (19/11/2015), kesepakatan senilai USD12,2 miliar ini terdiri dari USD11,9 miliar dari saham Marriott dan USD340 juta dalam bentuk tunai. Untuk setiap lembar saham, investor Starwood akan menerima USD2 secara tunai dan 0,92 saham Marriott, dengan saham Marriott seharga USD72,08 per saham.

Bila keduanya bergabung, perusahaan akan menawarkan 1,1 juta kamar di lebih dari 5.500 hotel yang ada di lebih dari 100 negara.

“Marriott mengharapkan terjadi penghematan USD200 juta pada biaya tahunan pada tahun kedua setelah akuisisi ditetapkan,” tulis pengumuman tersebut. “Ini akan mendongkrak operasi dan efisiensi G&A,” lanjut pengumuman tersebut.

“Ini adalah kesempatan untuk menciptakan nilai dengan menggabungkan distribusi dan kekuatan dari Marriott dan Starwood, meningkatkan daya saing kami di pasar cepat berkembang,” kata CEO Marriott Arne M Sorenson.

“Skala besar ini harus menawarkan pilihan yang lebih luas dari merek kepada konsumen, meningkatkan ekonomi kepada pemilik dan waralaba, meningkatkan pertumbuhan unit dan meningkatkan nilai jangka panjang bagi pemegang saham.” sambung dia.

Nantinya, akuisisi ini akan tetap membuat Arne M Sorenson menjadi Presiden dan CEO Starwood.

Kesepakatan akuisisi tersebut akan datang dengan USD100 hingga USD150 juta dalam biaya transaksi satu kali, yang perusahaan harapkan untuk dapat digunakan selama dua tahun ke depan.

Deutsche Bank menjabat sebagai penasihat untuk Marriott. Lazard dan Citigroup menjabat sebagai penasihat untuk Starwood. “Saya senang untuk menyambut Starwood untuk keluarga Marriott,” pungkas Bos Marriott, JW Marriott Jr.

(wdi)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me