Thrucrete, Solusi Perkerasan Beton Berpori yang Ramah Lingkungan – Property

Big Banner

JAKARTA – Proyek infrastruktur merupakan sebuah layanan dan fasilitas yang dibutuhkan agar perekonomian dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya sarana infrastruktur baru seperti jalan layang, jalan tol serta gedung bertingkat.

Namun hal ini belum diiringi dengan perbaikan sektor lingkungan yang dapat berfungsi sebagai sarana pendukung untuk mengatasi permasalahan genangan air di permukaan atau banjir di Ibukota. Kurangnya ruang terbuka hijau serta daerah resapan, dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar saat musim hujan tiba dan bencana banjir mulai melanda.

Menyikapi hal ini, Holcim Indonesia melalui anak perusahaannya, Holcim Beton, memperkenalkan solusi beton berpori ramah lingkungan,“ThruCrete”, yang diaplikasikan di salah satu lokasi pejalan kaki yang ada di jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa, 17 November 2015.

Selain dihadiri oleh perwakilan dari manajemen Holcim Indonesia dan Holcim Beton, acara ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Bandung, Bogor dan Tangerang.

“Ini merupakan salah satu bentuk perwujudan visi kami untuk membangun solusi berkelanjutan bagi masa depan masyarakat. Dengan menggunakan Holcim ThruCrete solusi perkerasan beton berpori yang ramah lingkungan, dapat mencegah terbentuknya genangan air di permukaan serta membiarkan air terserap oleh tanah sehingga beban drainase berkurang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya banjir,” katat Value Added Solution Manager Holcim Beton Sita Budiastari.

Aplikasi ThruCrete pada pedestrian ini didesain dengan tebal perkerasan 15 cm, tebal lapis bawah (base coarse) 7 cm dan rongga udara sebesar 30 persen yang dapat menampung air sebanyak 66 liter per meter persegi.

“Kami telah mengaplikasikan solusi ini di landasan pacu bandara Juanda, Surabaya, pada bahu area taxiway seluas 3500 m2. Dengan solusi dan inovasi seperti ThruCrete ini dapat lebih meningkatkan keselamatan penerbangan saat mendarat ketika cuaca sedang turun hujan,” sambung Sita.

Dengan adanya solusi bernilai tambah ini, diharapkan pemerintah dapat meningkatkan pelayanan publik dengan mengatasi permasalahan banjir yang setiap tahunnya selalu terjadi.

”Perlu adanya keseimbangan antara pertumbuhan infrastruktur dengan faktor perbaikan pertumbuhan alam. Kami berharap inovasi ThruCrete dapat memberikan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat serta pemerintah khususnya Dinas Bina Marga untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering terjadi sehingga dapat meminimalisir kerugian yang melumpuhkan aktivitas ekonomi Ibukota kedepannya,” tutup Sita. (ADV)

(rzk)

property.okezone.com