Bekasi Dibanjiri 29 Apartemen Baru – Property

Big Banner

JAKARTA – Sebagai kawasan penyangga Ibu Kota Jakarta, Kota Bekasi sangat strategis dan menjadi lokasi hunian paling tepat. Terlihat dari total luas wilayah Kota Bekasi 21.000 ha dengan bagian tata ruang 9.500 ha, saat ini sisa ruang pembangunan perumahan hanya 1.700 ha.

Melihat sisa lahan tersebut, Kepala Dinas Tata Kota Bekasi Ir. A Koswara menyampaikan hunian strategis yang bisa dikembangkan di Kota Bekasi saat ini adalah hunian vertikal. Dirinya mengatakan, saat ini terdapat 29 pengembang apartemen dengan realisasi 50.135 unit apartemen.

“Karena tingkat pertumbuhan penduduk di Bekasi per tahun 3,6 persen kebutuhan rumah sangat tinggi. Karena itu, untuk memenuhinya saat ini terdapat 29 pengembang yang sedang mengerjakan hunian vertikal apartemen jika dipenuhi akan terealisasi sekitar 50 ribu unit,” tutur Koswara di Hotel Horizon, Bekasi, Kamis (18/11/2015).

Banyaknya hunian apartemen, dalam tata ruang Kota Bekasi, telah diakomodir wilayah mana saja yang wajib hunian vertikal atau prioritas vertikal. Karena itu, 29 pengembang tersebut, siap membangun apartemen di lokasi yang telah ditetapkan.

Menurutnya, dengan hunian vertikal ada beberapa keuntungan yang diperoleh, pertama kapasitas lebih daya tampung besar. Ruang Terbuka Hijau (RTH) lebih banyak, dengan skema pembangun RTH 30 persen untuk murni hunian dan jika campuran RTH 20 persen.

“Oleh karena itu dengan sisa lahan tata ruang pembangunan perumahan, hunian vertikal paling tepat. Dengan beberapa keuntungan yang didapat tersebut,” tandasnya.

(mrt)

property.okezone.com