Bandung Jadi Finalis “World Smart City 2015”

Big Banner

Bandung terpilih menjadi salah satu finalis yang mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi kelas dunia “World Smart City Awards 2015”. Ibu kota dari Jawa Barat ini akan bersaing ketat dengan lima kota lainnya dari berbagai negara lain, yakni Buenos Aires, Dubai, Moskow, Peterborough, dan Curitiba. 

Ridwan Kamil, sebagai wali kota Bandung sempat mem-posting di akun Instagram miliknya tentang ajang ini.

“Alhamdulillah, Bandung mewakili Indonesia masuk 6 besar inovasi smart city dari puluhan kota dunia yang diobservasi,” tulis RK pada akun instagram miliknya.

Berbagai inovasi kreatif telah dilakukan kota-kota tersebut untuk menciptakan sebuah Kota Cerdas. Buenos Aires berhasil masuk menjadi salah satu finalis karena membuat program kesadaran terhadap situasi banjir. Sementara ide yang dilakukan oleh Dubai, yakni dengan cara mendatangkan kebahagiaan melalui pendekatan komperehensif.

Sedangkan Curitiba dari Brasil punya program yang unik dengan melakukan transformasi sanitasi melalui depolusi hidrik dengan meningkatkan kualitas air di area sungai. Peterborough hadir melalui program laboratorium urban sirkuler dan kehidupan cerdas.

Selain itu, Moskow sendiri punya program membuat sistem solusi perkotaan agar dapat bersaing degan kota lainnya. Lalu bagaimana dengan Bandung?

Bandung terpilih mewakili Tanah Air tak lepas dari program yang dibuat oleh Diskominfo Bandung yang bertujuan membuat Bandung sebagai Kota Cerdas dengan cara menghubungkan masyarakat lokal lewat pelaksanaan tata pemerintahan partisipatif untuk mendorong dinamika cerdas perkotaan.

“World Smart City Awards” sendiri merupakan penghargaan yang bertujuan untuk mengenalkan program unggulan terhadap perkembangan kota dan untuk terus memberikan motivasi agar terus tumbuh menjadi kota yang layak huni, efisien dan ekonomis.

Pemberian penghargaan “World Smart City” akan dilakukan di Barcelona, Spanyol pada 18 November 2015 waktu setempat. Semua kalangan didorong agar bisa menciptakan sebuah strategi kota pintar yang penuh inovasi dan solutif untuk dinilai oleh para juri.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me