Lahan Perumahan di Kota Bekasi Tinggal 1.700 Ha

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bekasi, Jawa Barat, merupakan salah satu kawasan penyangga Ibukota yang paling diincar kalangan pengembang. Permintaan hunian di timur Jakarta ini sangat besar didorong banyaknya kawasan industri di wilayah itu.  Menurut data Dinas Tata Kota Bekasi, hingga September 2015, ada 29 proyek apartemen yang sudah mengajukan izin dan beberapa di antaranya sudah mulai melakukan pembangunan.

Grand Kamala Lagoon

Apartemen Grand Kamala Lagoondi di Bekasi

“Luas Kota Bekasi hanya 21 ribu ha, di dalam RTRW Kota Bekasi kawasan untuk perumahan dialokasikan 9.500 ha. Dengan perkembangan proyek hunian yang sangat masif di Kota Bekasi saat ini lahan untuk residensial hanya tersisa 1.700 ha. Makanya kita dorong pengembangan apartemen khususnya di wilayah yang density-nya sangat padat,” ujar Koswara, Kepala Dinas Tata Kota Bekasi, pada acara diskusi potensi hunian vertikal di kawasan penyangga Jakarta, di Bekasi, Rabu (18/11).

Kebutuhan hunian akan terus bertambah mengingat angka kelahiran di Kota Bekasi cukup tinggi 3,6 persen per tahun. Untuk mengantisipasi hal itu pengembangan hunian vertikal tidak bias dielakkan. Menurut Koswara, dalam tata ruang Kota Bekasi sudah dicantumkan di mana saja wilayah-wilayah yang dapat dibangun highrise, midrise, dan lowrise.

Pembangunan hunian vertikal menjadi pilihan paling rasional karena lebih efisien dan fungsi lahannya lebih optimal. Selain itu pengembang dapat mengalokasikan ruang terbuka hijau (RTH) lebih luas. Kota Bekasi sudah menetapkan pengembangan hunian vertikal minimal harus menyediakan RTH 30 persen. Untuk proyek mixed used development RTH-nya boleh 20 persen.

“Kita juga terus melengkapi aturan daerah untuk memfasilitasi pengembangan bangunan highrise. Tata ruang kami sudah sampai pada aturan rencana detil walaupun belum final karena masih menunggu tanda tangan gubernur. Yang pasti prasarana untuk mendukung pengembangan hunian vertikal kami prioritaskan,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me