Pemkot Ternate Berencana Bangun Rusunawa

Big Banner

Ternate – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, berencana membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah.

“Kami telah menyediakan lahan untuk pembangunan Rusunawa. Hanya saja masih terkendala banyaknya pedagang yang berjualan di seputaran areal tersebut,” kata Pejabat Wali Kota Ternate, Idrus Assagaf, usai melakukan kunjungan di lokasi rusunawa, Jumat (20/11).

Dia mengatakan, pembangunan Rusunawa merupakan satu aset bagi Pemkot Ternate karena ini berkaitan dengan pendapatan. Rusunawa ini dibangun untuk disewakan bagi pedagang transit.

Sekretaris Dinas PU Kota Ternate, Abdurahman Khairun, pembangunan Rusunawa di kelurahan Gamalama dibangun lima lantai.

Tipe yang dipilih yaitu 36 dan 24. Tipe 36 memiliki jumlah kamar sebanyak 104 unit, sedangkan tipe 24 jumlah kamarnya 80 unit.

Bangunannya bervolume 85X35 meter dan didesain memiliki ruangan untuk rutinitas sarana dan prasarana dengan menggunakan anggaran APBN senilai Rp20 miliar dari Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakya (Kempupera) melalui Dirjen Penyediaan Perumahan Rakyat.

Sedangkan, Kadis Pasar Kota Ternate, Nuryadin Rahman, mengatakan, mekanisme rekrutmen penghuni Rusunawa akan dilakukan sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis), sehingga tidak serta merta bahwa pedagang bisa menempati bangunan tersebut.

“Ada syarat-syarat untuk menempati bangunan Rusunawa seperti pedagang transit yang diprioritaskan,” katanya.

Untuk proses pemindahan pedagang, lanjut dia, saat ini telah dilakukan peninjauan lokasi.

“Pengaturannya melalui tim terpadu yang di SK-kan oleh Wali Kota untuk bekerja menganalisis dampak dari pada proses relokasi,” ujar Nuryadin.

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me