Bandung Urung Sabet “Kota Cerdas Dunia 2015”

Big Banner

KOMPAS.com – Gelaran “World Smart City Awards 2015” telah selesai dilaksanakan di Barcelona, Spanyol. Bandung urung menjadi terbaik, dikalahkan Peterborough yang mewakili Inggris.

Dengan demikian, ibu kota Jawa Barat ini harus mengakui keunggulan Peterborough yang merupakan satu dari lima proyek percontohan Kota Masa Depan Inggris.

Peterborough dinilai terbaik karena mampu menempatkan aplikasi dan pengembangan teknologi menjadi pendorong efisiensi dan efektivitas kota untuk kategori smart city.

Selain itu, kemenangan Peterborough karena komitmen kota tersebut untuk menjadi ibu kota lingkungan di seluruh Britania Raya.

Peterborough dirancang sebagai kota pertama yang menerapkan strategi ekonomi melingkar dengan melibatkan warganya untuk bersama-sama merancang transformasi perkotaan.

Dua hal tersebut yang kemudian membuat para juri yakin memberikan penghargaan Kota Cerdas Dunia 2015 bagi Peterborough.

Kemenangan tak hanya diperoleh Peterborough, The Hebei Digital Education Centre di Kota Shijiazhuang, provinsi Hebei, China, juga berhasil menyabet penghargaan kategori Project.

Komitmen Hebei Digital Education memodernisasi pendidikan melalui komunitas belajar dan perkembangan alat-alat baru berdasarkan teknologi analisis Big Data membuatnya unggul.

Hebei Digital Education Centre telah berhasil mengembangkan sebuah platform pendidikan berbasis “Cloud” di salah satu wilayah berkembang yang mensyaratkan adopsi teknologi baru.

Dalam kategori Innovative Initiative, pemenangnya adalah Findeter, sebuah akronim untuk pembiayaan pembangunan daerah.

Findeter ini dijadikan inovasi di dalam bank pengembangan infrastruktur berkelanjutan di Kolombia.

Saat ini, inisiatif Findeter mampu menangguk dana 10 miliar dollar AS untuk membiayai 1.838 proyek di 320 kota dalam berbagai bidang seperti perumahan, infrastruktur transportasi, dan promosi teknologi. 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me