20 Bangunan Terunik di Asia (Bagian 2)

Big Banner

KOMPAS.com – Benua Asia dianggap sebagai laboratorium terbesar yang memungkinkan tumbuhnya karya arsitektur. Beberapa bangunan di antaranya bahkan inovatif, eksperimental, dan unik. (Baca: 10 Bangunan Paling Unik di Asia Bagian 1).

China menjadi negara di Asia yang memiliki banyak bangunan aneh. Berikut ini 10 dari 20 bangunan paling unik di Asia:

11. Lotus Temple, India

Lotus Temple yang berlokasi di New Delhi, India ini merupakan bagian dari Rumah Ibadah Baha’i. Bangunan ini terkenal berkat arsitekturnya serupa bunga teratai.

Desainnya terdiri dari 27 kelopak marmer dengan pengaturan tiga kelompok membentuk sembilan sisi.

Bangunan berbentuk kelopak bunga ini terletak di Bahai, India.

12. Fuji TV Building, Jepang

Fuji TV Building merupakan kantor Fuji TV. Desain metalik futuristik dengan sebuah bola besar perak berdiameter 32 meter dan berat 1.200 ton membuatnya sangat mudah dikenali dari kejauhan.

Desain metalik futuristik dengan sebuah bola besar perak berdiameter 32 meter dan berat 1.200 ton membuat bangunan ini sangat mudah dikenali dari kejauhan.

13. Elephant Building

Bangunan yang juga dikenal sebagai Chang Building ini merupakan salah satu struktur tertinggi di Bangkok, Thailand.

Bentuknya yang serupa gajah membuat bangunan ini lebih dikenal sebagai Elephant Building. Di dalamnua terdapat 32 lantai dengan bagian atap terletak di ketinggian 102 meter.

Bangunan yang juga dikenal sebagai Chang Building ini merupakan salah satu struktur bangunan tertinggi di Bangkok, Thailand.

14. Aldar Headquarters, Uni Emirat Arab

Aldar Headquarters merupakan bangunan melingkar pertama di Timur Tengah. Mengambil tempat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Aldar Headquarters terpilih sebagai “Desain Futuristik Terbaik” oleh Building Exchange Conference di Spanyol.

Aldar Headquarters merupakan bangunan melingkar pertama di Timur Tengah.

15. National Centre for the Performing Arts, China

Bangunannya berbentuk kubah elipsoid yang terbuat dari titanium dan kaca. Berada di pusat kota Beijing, China.

Daerah sekitar berupa danau buatan membuat National Centre for the Performing Arts layaknya telur yang mengapung di atas air.

Bangunan berbentuk kubah elipsoid yang terbuat dari titanium dan kaca ini terletak di Beijing, Tiongkok.

16. Fang Yuan Building, China

Gedung ini terinsipirasi dari koin kuno bangsa China. Terletak di Shenyang, Fang Yuan Building memiliki bentuk lingkaran dengan sebuah kotak tepat berada di tengahnya.

Terdiri dari 25 lantai dan menempati peringkat 9 dalam daftar 10 Bangunan Terburuk di Dunia rilisan CNN.

Bangunan yang terinsipirasi dari koin kuno bangsa China ini terletak di Shenyang, Tiongkok. Fang Yuan Building memiliki bentuk lingkaran dengan sebuah kotak tepat berada di tengahnya.

17. Lotus Building, China 

Lotus Building berlokasi di pusat kota Wujin, China. Bentuknya menyerupai tiga tahap perkembangan bunga teratai, yakni dari tunas muda baru hingga bunga mekar penuh.

Lotus Bulding merupakan kantor dari Departemen Rencana Kota.

Bentuknya menyerupai tiga tahap perkembangan bunga teratai, yakni dari tunas muda baru hingga bunga mekar penuh.

18. Flower Dome, Singapura

Struktur setinggi 38 meter ini berada di Marina Bay, Singapura. Flower Dome merupakan salah satu dari dua konservatori di Gardens Bay.

Flower Dome berisi flora asal wilayah Mediterania dan daerah tropis lainnya.

Flower Dome merupakan salah satu dari dua konservatori di Gardens Bay. Flower Dome berisi flora asal wilayah Mediterania dan daerah tropis lainnya.

19. Yas Viceroy Abu Dhabi Hotel, Uni Emirat Arab

Bangunan ini merupakan sebuah hotel yang dibangun di Sirkuit F1 Yas Marina di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Bentuknya spektakuler dan merupakan hotel pertama yang dibangun di atas sirkuit balap F1. Terdiri dari dua menara dengan masing-masing 12 lantai.

Satu menara berada dalam sirkuit dan satu lainnya ditempatkan di Marina. Menara-menara itu dihubungkan oleh baja dan jembatan kaca serta struktur Grand Shell yang melintas di atas trek balap.

Hotel ini dibangun di Sirkuit F1 Yas Marina di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Bangunan spektakuler ini merupakan hotel pertama yang dibangun di atas sirkuit balap F1.

20. Khan Shatyr Entertainment Center, Kazakhstan

Struktur raksasa berbentuk tenda transparan ini berlokasi di Astana, Kazakhstan. Khan Shatyr Entertainment Center dibangun dengan gaya khas neo futuristik.

Tingginya mencapai 150 meter dan memiliki struktur elips 200 meter yang menutupi 140 ribu meter persegi bagian bawahnya.

Di dalamnya terdapat taman skala kota internal, pusat perbelanjaan dan hiburan, golf mini, dan resor pantai dalam ruang. Atap bangunan ini dibangun oleh ETFE.

Struktur raksasa berbentuk tenda transparan ini berlokasi di Astana, Kazakhstan. Khan Shatyr Entertainment Center dibangun dengan gaya khas neo futuristik.

properti.kompas.com