Rumah Instan Permanen ini Hanya Rp 40 juta

Big Banner

Harga tanah yang kian tinggi,  belum lagi ditambah urusan harga bahan bangunan yang terus merangkak naik, membuat harga hunian saat ini menjadi semakin mahal. Akibatnya, orang makin sulit memiliki rumah. 

Saat ini, banyak pihak peduli akan permasalahan tersebut. Tak hanya pihak pemerinta, pihak swasta pun mulai turut andil. Salah satu solusi yang mereka tawarkan adalah rumah instan, yaitu hunian yang waktu pengerjaannya pendek sehingga harganya jadi tidak terlalu mahal. 

Bila pihak pemerintah melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman (Balitbang KemenPuPera) melahirkan produk Risha, akronim dari “rumah instan sederhana sehat”, maka dari swasta diwakili PT Tata Logam menghadirkan Domus. 

BACA JUGA : 4 RUMAH INOVATIF KARYA KEMENPUPERA

Perbedaan Risha dan Domus, bila Risha berkonsep knock down atau bongkar pasang, maka Domus berupa bangunan permanen. Rangka bangunannya berupa kolom praktis dan rangka atap yang menggunakan material baja ringan.  

Diklaim waktu penggarapannya selesai dalam waktu lima hari, Domus ditawarkan kepada konsumen dalam tiga paket. Paket pertama ada paket rangka, dimana bangunan terdiri dari rangka praktis, rangka kuda-kuda, rangka plafond genteng, dan cladding. 

“Untuk harga, paket rangka tipe 21 itu Rp 13,805 juta, tipe 29 ditawarkan Rp 17,396  juta, tipe 36 itu Rp 19.079 juta, sedang tipe 45 itu 23 juta,” kata Nicolas, bagian keuangan di PT Tata Logam saat ditemui Rumahku.com di pameran REI Ekspo di JCC, Senayan.  

Selain ada paket rangka, Domus juga ditawarkan dalam paket putih, dimana sudah ada tambahan bata ringan, roster keramik, kloset dan keran, serta jendela pintu. Sedang untuk yang 100 persen siap huni, diberi nama paket komplit, dimana bangunan sudah diplester, aci dan dicat. 

“Paket komplit tipe 21 ditawarkan seharga Rp 40 juta, tipe 29 seharga Rp 51,6 juta, tipe 36 seharga Rp 59.2 juta. Sedang kan untuk tipe 45 itu Rp 70,9 juta,” jelas Nicolas.  

Untuk urusan penggarapan, pihak Tata Logam menyediakan tukang terlatih yang mereka sebut ‘Metalman’. Empat orang Metalman mampu mengerjakan rumah tipe 29, mulai dari penyiapan lahan, perakitan, pembangunan hingga finishing hanya dalam waktu lima hari.  

Meski penggarapannya dibuat sepraktis mungkin, bahan-bahan yang digunakan terbilang berkualitas. Penggunaan baja ringan sebagai rangka bangunan, bahkan diklaim bersifat tahan gempa. Jadi untuk sisi keamanan, bisa dibilang cukup terjaga. 

Bagi mereka yang ingin memiliki rumah tapi budgetnya terbatas, kehadiran rumah instan ini tentunya  menjadi solusi yang tepat bagi persoalan mereka.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me