Tips Cerdas Pindah Lokasi Kantor di Jakarta

Big Banner

Jakarta – Pindah kantor dapat menjadi proses yang begitu panjang dan melelahkan. Namun, jika pihak perusahaan telah merencanakan dan mengatur proses kegiatan pindah itu dengan baik, maka hal tersebut dapat diselesaikan tepat waktu dan tanpa kehilangan waktu kerja.

Untuk perusahaan yang akan melakukan relokasi, marketplace properti global, Lamudi, mengumpulkan sejumlah informasi dan tips yang berguna.

Memilih Tempat Baru

Pilihlah tempat yang menawarkan masa sewa fleksibel, jika belum yakin akan menyewa dalam waktu yang lama. Menyewa ruang kantor jangka pendek cocok untuk perusahaan startup. Sesuaikan dengan kebutuhan, apakah tempat yang akan disewa cukup besar? Sewalah tempat yang diperkirakan cukup untuk menampung semua karyawan ketika perusahaan tersebut berkembang nantinya.

Kemanan

Faktor keamanan juga harus menjadi perhatian utama. Apakah ada tim keamanan yang berjaga di lokasi atau apakah ada kamera CCTV, pastikan tidak ada hal-hal membahayakan yang mengancam bisnis dan ini harus menjadi penentu utama ketika akan memutuskan untuk pindah kantor.

Daftar Kegiatan Penting

Buatlah timeline kegiatan penting yang harus dilakukan ketika kembali bekerja setelah pindah lokasi kantor. Misalnya, jadwal kapan penggantian polis asuransi harus dilakukan dari kantor lama ke kantor baru. Rencanakan dan buat garis besar tentang bagaimana seharusnya kantor Anda terlihat. Apakah akan ada perubahan suasana dan tampilan dari kantor lama? Apakah memerlukan perabotan baru? Luangkan pula waktu untuk mendapatkan izin dan lisensi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis di kantor baru.

Alokasikan Sumber Daya

Pasti akan diperlukan biaya terkait dengan jasa pengiriman barang untuk mengumpulkan dan menyiapkan peralatan dari kantor lama ke kantor baru. Karyawan harus mau membantu menyiapkan peralatan jika diperlukan dan ini tentunya akan menekan pengeluaran.

Sewa Jasa Pindahan yang Terkemuka

Pilihlah perusahaan jasa pindahan yang reputasinya baik, cek review online tentang perusahaan tersebut untuk memastikan mereka akan bekerja dengan cepat dan profesional. Pihak perusahaan tentu tidak mau peralatan kantor rusak ketika proses pindahan. Sewa pula perusahaan penyedia jasa bersih-bersih untuk membersihkan kantor yang akan ditinggalkan sehingga bila ada barang yang tertinggal, mereka akan mengantarkannya tanpa tambahan biaya.

Beritahu Vendor

Hubungi semua klien dan relasi, pastikan mereka semua mengetahui bahwa perusahaan telah pindah ke tempat baru. Cantumkan logo perusahaan di tempat baru sebelum kantor benar-benar pindah. Dalam beberapa kasus, hal ini sangat berguna jika lokasi kantor baru letaknya tersembunyi, sehingga begitu pindah semua klien dan relasi dapat menemukan kantor yang baru. Selanjutnya, pastikan koneksi internet di kantor baru telah tersedia. Apalagi untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis online, jika internet tidak berfungsi maka akan menimbulkan masalah besar.

Masukkan ke Kotak

Beri setiap karyawan sebuah kotak dan suruh mereka untuk tulis nama serta divisi masing–masing. Setiap furnitur dan peralatan harus diberi label nama. Bila perlu, berikan juga kode warna dan pastikan setiap karyawan memegang tanggung jawab untuk memastikan barang–barang pribadi dikemas dan dikirim sesuai dengan nama mereka.

Pembaharuan Inventaris

Jika pernah berpikir untuk mengupgrade alat-alat kantor, maka ini adalah kesempatan yang baik. Lakukan audit terhadap seluruh alat tulis dan stok yang ada. Hitung semua item dan perbaharui daftar inventaris. Terutama untuk perusahaan lama, mungkin terdapat beberapa barang yang telah usang dan tidak diperlukan lagi sehingga harus dibuang.

 

Feriawan Hidayat/FER

PR

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me