Rumah Minimalis di Lahan Pojok

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Saat ini saya dan keluarga berencana membangun rumah di tanah berukuran p x l = 15 x 14 m2. Tanah berada di pojok, rumah kami rencananya dibikin minimalis dengan tiga kamar tidur, satu kamar pembantu dan ruang setrika. Paling utama ruang tamu dan ruang keluarga yang luas sehingga enak untuk berkumpul. Mohon bantuannya untuk saran dari sisi desain.

Solusi Desain

Lahan yang terletak di area pojok memiliki kelebihan utama berupa akses visual yang lebih leluasa pada dua arah. Hal ini mendorong kami untuk lebih eksploratif menciptakan detail-detail yang menarik di kedua arah pandang sehingga rumah tampak dinamis dan atraktif.

Tema garis besar hunian ini adalah minimalis sesuai permintaan. Dihadirkan pemilihan warna netral abu-abu dan putih pada dinding. Sebagian dinding hanya dikamprot kasar untuk memberi tekstur plester semen asli keabu-abuan. Bagian dinding lain diberi sentuhan permukaan batu bata pipih tempelan yang susunan warnanya bergradasi. Sebagai pemanis dan pelindung dari silaunya matahari, kami letakkan barisan balok kayu vertikal di depan area ruang tamu. Krepyak gantung di depan jendela untuk menahan tampas hujan juga dapat dipasang pada area teras yang cukup terbuka. Detail lain berupa coakan pola kotak-kotak pada dinding menerus yang melingkupi area tangga.

Hunian yang apik dari berbagai sudut ini tentunya lebih menarik dengan pengolahan taman dan perhatian pada penghijauan sebagai sumber oksigen yang menyehatkan. Dapat dilihat pada denah, kami mengedepankan penyediaan lahan hijau sebagai daerah resapan air dan juga penambah estetika natural. Elemen pendukung seperti kolam dan panel tanaman rambat di dinding akan menambah apik suasana halaman rumah. Pada area dak beton di lantai atas juga dapat ditutup dengan taman rumput.

Lantai bawah

Dari carport, tamu akan disambut oleh teras dan kolam air yang menyejukkan tepat sejajar mengelilingi area ruang tamu. Untuk memaksimalkan intensitas cahaya, area ruang tamu memiliki bukaan jendela yang cukup besar. Ruang tamu dan ruang keluarga dibatasi oleh pintu geser ganda. Pintu dapat dibuka untuk memperluas ruangan saat diperlukan pada acara berkumpul keluarga.

Ruang keluarga dan ruang makan diletakkan menyatu tanpa batas fisik. Di sisi ruang makan yang berbatasan dengan teras depan, diberi jendela kaca nako yang menjadi sumber kesegaran udara alami. Sedangkan sisi belakang ruang keluarga terdapat pintu kaca lipat menuju teras samping dan taman.

Kamar tidur utama yang lengkap dengan area walk in closet dan toilet pribadi juga terletak di lantai bawah. View ke kolam samping juga bisa langsung diakses dari kamar melalui bukaan kaca yang cukup besar.

Area servis dikelompokkan di sisi samping segaris dengan carport. Diletakkan berurutan dapur, kamar mandi, kamar tidur pembantu dan paling belakang area jemur setrika.

Lantai atas

Beranjak ke lantai atas diletakkan ruang keluarga cukup luas yang memiliki balkon ke arah samping rumah. Di samping ruang keluarga diletakkan dua kamar anak berdampingan dan kamar mandi terpisah.

Sumber: Majalah HousingEstate

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me