Alternatif Listrik Padam, Pakai Genset Rumahan Ini

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Listrik telah menjadi kebutuhan utama rumah tangga karena dengan dayanya menjadi penggerak hampir semua perangkat rumah tangga. Peningkatan penduduk dan pertumbuhan rumah tangga baru yang sangat pesat telah membuat Perusahaan Listrik Negara (PLN) kerepotan untuk bisa memenuhi sambungan baru maupun peningkatan daya listrik ke setiap rumah di Indonesia yang akibatnya sering kali terjadi pemadaman bergilir.

Salah satu opsi untuk menghasilkan daya listrik mandiri di rumah adalah menggunakan genset. Dulu genset hanya tersedia untuk kapasitas besar dan digunakan untuk bangunan komersial maupun rumah-rumah mewah. Seiring perkembangannya, genset saat ini tersedia dalam kapasitas daya yang lebih kecil dengan harga yang semakin terjangkau.

Genset

Genset

Salah satunya adalah genset dengan merek General yang memiliki kapasitas 2.500 watt sehingga sangat cocok digunakan untuk perumahan dengan tipe 70 m2 ke bawah. Menurut Adri, Direktur PT AHP Boga Inti (AHP Teknik), distributor Genset General, dengan produk ini seluruh perangkat elektronik di rumah tetap dapat beroperasi ketika listrik dari PLN terputus.

“Genset General memiliki tipe mesin 4 tak dengan bahan bakar bensin kapasitas 3 liter. Satu alat ini bisa digunakan untuk menyalakan dua AC berkapasitas 1 PK, mesin pompa air, kulkas, dispenser, TV, setrika, charger, dan beberapa titik lampu dalam 3 jam. Semakin sedikit perangkat yang dinyalakan jangka waktunya akan semakin lama,” ujarnya kepada housing-estate.com saat memperkenalkan genset rumahan ini di Jakarta, Sabtu (21/11).

Produk ini juga cukup mudah pengoperasiannya dan sangat aman selama mengikuti prosedur operasional dengan benar. Genset disambungkan ke instalasi kabel utama PLN juga ke panel pengaman utama boks MCB di rumah. Selain disambungkan dengan pengamanan MCB di rumah, produk ini juga memiliki jalur pembumian (arde/grounding) untuk menyalurkan daya listrik bila terjadi kelebihan muatan daya.

Untuk menyalakannya tinggal menggeser tuas pada genset saat listrik PLN padam dan mengembalikan tuas ke posisi off saat listrik PLN kembali menyala. Bobot produk mencapai 60 kg dengan tingkat kebisingan mencapai 70 desibel (Db). Produk ini juga sudah berstandar SNI untuk jaminan kehandalan kinerja maupun purna jualnya.

“Dengan produk ini kenyamanan kita tidak berkurang saat listrik PLN padam. Harganya juga sangat terjangkau, Rp5,9 juta sudah termasuk instalasi dengan garansi produk 1 tahun. Tersedia juga genset dengan daya yang lebih tinggi maupun aksesori penunjangnya seperti casing untuk peredam suara, dan lainnya,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me