Rumah Mungil ala Jepang

Big Banner

TINGGINYA biaya membangun rumah di Jepang membuat para arsitek mencari terobosan. Ide membangun rumah mungil, namun memiliki multifungsi belakangan ini kian mencuat. Dua arsitek yang melakukan hal itu adalah Shigeru Ban dan Yashiro Yamashita.

“Biaya untuk membangun rumah ukuran 40 meter persegi bisa mencapai US$ 422.440,” tulis laman worldarchitecturenews.com mengutip surat kabar independen asal Inggris, baru-baru ini.
Laman itu juga melansir bahwa gerakan rumah mungil sudah bergulir di Jepang. Shigeru Ban dan Yashiro Yamashita, misalnya, merancang rumah murah ukuran gudang kebun yang dapat digunakan dalam berbagai situasi.
Pengecer asal Jepang, Muji menelorkan Muji Huts yang diresmikan bulan lalu di Tokyo Design Week. Saat itu, tiga rumah mungil mulai diperkenalkan kepada pasar setempat. Ketiganya dirancang oleh arsitek yang berbeda dan dibuat dari bahan yang berbeda.
Dari ketiga rancangan itu salah satunya adalah Constantin Crcic Aluminium House. Rancangan ini berupa pondok berlantai dua yang memang sempit dan dibalut aluminium bergelombang. Rumah ini benar-benar minim, tidak memiliki kamar mandi, dapur atau furnitur, tetapi memiliki tingkat mezza yang bisa diakses dengan tangga. Area ini dapat digunakan untuk tidur.
Konsep lainnya adalah Unit Morrison. Rumah yang satu ini terbuat dari gabus dan dibungkus dengan fitur untuk ruang kecil. Rangka kabin dibuat telanjang dan menggabungkan perapian, dapur, dan kamar mandi.
“Muji Huts dijadwalkan mulai dijual di Jepang pada 2017, sedangkan harganya mulai US$ 25.000 per unit,” tulis laman itu.

Edo Rusyanto/EDO

worldarchitecturenews.com

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me