Pemerintah Resmi Mulai Bangun Jalur KA di Kalimantan Timur

Big Banner

Pemerintah secara resmi memulai pembangunan jalur kereta api di wilayah Kalimantan. Pengembangan jalur kereta berlokasi di Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan membentang dari Kabupaten Penajam Paser Utara hingga Kutai Timur, Kutai Barat, dan Kutai Kartanegara. 

“Infrastruktur di Kaltim ini untuk membangun konektivitas antar kawasan industri. Sehingga lalu lintas logistik, pasokan bahan baku terjamin, begitu juga pemenuhan sumber daya lainnya,” ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Pembangunan jalur kereta api di Kaltim akan mendorong percepatan pengembangan kawasan industri di sana. Apalagi, pemerintah akan mengembangkan lima kawasan industri di Kaltim, yakni Maloy Batuta Trans Kalimantan (industri hilirisasi kelapa sawit), Muara Wahau (industri pengolahan batu bara), Kariangau (industri batu bara, minyak, kayu, dan kimia), Buluminung (industri pengolahan batu bara) dan Bontang (industri migas dan kondensat). 

Nantinya, angkutan kereta api di Kaltim tidak hanya digunakan untuk mengangkut bahan baku industri, tetapi juga akan dikembangkan untuk mengangkut barang dan manusia. Panjang rel akan  mencapai 275 kilometer.  

Mengenai dana pembangunan, Menteri Saleh menjelaskan bahwa pembiayaannya atas kerjasama Pemerintah Provinsi Kaltim dengan perusahaan Rusia alias tanpa menggunakan  APBN. Perusahaan Rusia itu juga akan membangunan Technopark di Buluminung. Total investasi sekitar Rp 72 triliun. Selain itu, Pemerintah Ral al-Khaimah Uni Emirat Arab juga turut membangun rel kereta api di Kaltim sepanjang 135 kilometer.  

Dengan adanya pembangunan kereta api tersebut, pemerintah berharap kawasan industri di Kaltim dapat semakin berkembang, dapat menambah kesempatan dan menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi, serta meningkatkan pendapatan daerah dan devisa negara.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me