Jaga Kulkas dengan Empat Langkah Mudah

Big Banner

Lemari pendingin atau kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki peran penting. Bayangkan, bahan-bahan makanan akan menjadi lebih cepat basi bila tidak disimpan di dalam kulkas.

Penggunaan kulkas secara berlebihan, seperti menyimpan bahan makanan terlalu banyak dapat membuat kulkas cepat rusak. Kerusakan ini dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar, karena bahan makanan dan minuman dapat rusak dan terpaksa harus dibuang.

Untuk mencegah hal tersebut, perlu dilakukan perawatan terhadap kulkas agar dapat bekerja secara optimal. Berikut ini empat langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga dan merawat kulkas:

Bersihkan kulkas

Keluarkan semua isi di dalam kulkas. Lalu bersihkanlah setiap bagiannya dengan kain bersih bertekstur halus. Kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman dapat dibersihkan dengan air hangat. Namun, untuk noda yang membandel, gunakan pasta gigi untuk menggosok hingga noda hilang.

Buang air di penampungannya

Pada bagian bawah belakang kulkas terdapat tempat penampungan air. Lepaskan dan buanglah air yang tertampung, lalu lap hingga bersih dan kering. Isi tempat penampungan tersebut dengan air panas secukupnya dan diamkan sekiranya 10 menit untuk menghilangkan kuman. Setelah itu buang air panasnya dan kembali lap hingga bersih dan kering, lalu kembali tempatkan pada tempatnya.

Matikan kulkas

Matikan kulkas secara manual dan biarkan es pada kulkas tersebut mencair secara alami. Jangan bersihkan bunga es yang terdapat pada kulkas dengan paksa, karena dapat merusak elemen utama pendinginnya.

Hidupkan dalam keadaan kosong

Setelah kulkas sudah dalam keadaan bersih dan kosong, kembalikan hidupkan. Namun, biarkan kulkas hidup dalam keadaan kosong setidaknya dalam jangka waktu satu jam tanpa perlu dibuka. Setelah suhu kulkas kembali dingin, baru masukan lagi isi yang telah dikeluarkan.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me