Kawasan Intermoda, Menjawab Kerumitan Transportasi Pinggiran Jakarta

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Sinarmas Land melansir Kawasan Intermoda BSD City di atas lahan seluas 25 hektar.

Kawasan terintegrasi jaringan transportasi publik ini dirancang sebagai commercial mixed-use development, untuk menjawab kebutuhan masyarakat pinggiran Jakarta, terutama di Serpong dan sekitarnya.

Menurut CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra, megaproyek ini merupakan salah satu kawasan pertama yang dikembangkan sebagai pusat aktivitas bisnis ritel dan investasi.

“Kawasan ini didukung beragam fasilitas dan akses yang memudahkan masyarakat beraktivitas,” ujar Ishak, Selasa (24/11/2015).

Lebih jauh dia menjelaskan, di dalam kawasan tersebut juga akan dibangun beragam fasilitas yang saling terintegrasi, seperti pasar modern dan bangunan komersial lainnya yang mendukung sirkulasi pengunjung.

Lokasinya berdekatan dengan stasiun Cisauk yang melayani kereta KRL Commuter Line rute Serpong-Jakarta. Stasiun ini akan menjadi penopang transportasi massal yang melayani penumpang dari BSD City ke Jakarta dan sebaliknya.

Kawasan Intermoda BSD City juga memiliki terminal bus layang yang berada di lantai 1 dan terkoneksi langsung dengan pintu masuk dan keluar Pasar Modern. Terminal Bus Intermoda tersebut melayani shuttle bus internal dan bus Trans BSD.

Untuk merealisasikan konsep tersebut, Sinarmas Land mempersiapkan lajur khusus yang memisahkan bus dengan kendaraan pribadi sehingga tercipta ketertiban dan kenyamanan arus lalu lintas di kawasan.

Tak hanya itu, pengembang ini juga membangun area parkir kendaraan pribadi, dan fasilitas kiss & park. Dengan begitu, pengunjung mendapat banyak pilihan akses transportasi.

Pasar modern

Salah satu fasilitas yang akan dikembangkan di Kawasan Intermoda BSD City adalah pasar modern.

Desainnya menggunakan elemen-elemen pasar tradisional, seperti keranjang dan papan kayu. Selain itu atap ikonik di area Food Plaza dirancang sebagai focal point dan pintu masuk utama.

Fasad di sisi utara dan selatan pasar dibuat translucent untuk mengoptimalkan pencahayaan alami, serta berfungsi menjaga sirkulasi udara.

Pasar Modern di Kawasan Intermoda BSD City ini dikembangkan seluas 2,6 hektar dengan bangunan dua lantai. Di dalamnya terdapat 539 kios dan 220 lapak.

Bangunan komersial tersebut terhubung langsung dengan koridor terminal shuttle bus di dalam kawasan Intermoda BSD City. 

properti.kompas.com