Masyarakat ASEAN 2025 Resmi Disahkan

Big Banner

Pengesahan Masyarakat ASEAN 2025 telah resmi disahkan oleh Kepala Negara atau Pemerintah Anggota dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-27 di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Peresmian ini dilakukan melalui penandatanganan “The Kuala Lumpur Declaration on Asean 2025: Forging Ahead Together” dan “The 2015 Kuala Lumpur Declaration on the Establishment of ASEAN Community”. Keduanya akan menjadi panduan ASEAN selama sepuluh kedepan dalam rangka peningkatan kualitas integrasi ekonomi ASEAN.  

Negara yang tergabung dalam ASEAN telah membuat cetak biru yang implementasinya hingga tahun 2025 mendatang. Nantinya dalam 10 tahun, terdapat lima pilar yang hendak dicapai melalui  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yakni :

–    Ekonomi ASEAN yang terintegrasi dan kohesif
–    ASEAN yang kompetitif dan dinamis
–    Peningkatan konektivitas dan kerja sama sektoral
–    ASEAN yang tangguh, inklusif, dan berorientasi
–    Fokus ke masyarakat; dan ASEAN Global

“Dengan diimplementasikannya cetak biru MEA 2025, Indonesia diharapkan mampu mencapai target, menciptakan kawasan ekonomi yang terintegrasi dan terpadu serta ketidakpastian ekonomi global,” ujar Thomas Trikasih Lembong, Menteri Perdagangan seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Penyusunan cetak biru MEA 2025 dinilai sudah sesuai dengan rencana pembangunan Indonesia yang akan meningkatkan daya saing melalui pertumbuhan ekonomi. 

Masyarakat ASEAN terdiri dari Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ASEAN Socio-Culture Community (ASCC), dan ASEAN Political-Security Community (APSC). 

Selain meresmikan deklarasi Masyarakat ASEAN 2025, Menteri Ekonomi ASEAN juga melakukan penandatanganan perubahan persetujuan kerja sama antara Tiongkok-FTA, proses ini disaksikan oleh kepala negara anggota ASEAN dan Tiongkok.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me