Depok Butuh Dukungan Transportasi Publik

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Depok, Jawa Barat, punya potensi untuk berkembang menjadi kota berbasis ekonomi kreatif. Depok punya keunggulan berupa melimpahnya sumber daya manusia khususnya kalangan muda dan keberadaan sejumlah perguruan tinggi khususnya Universitas Indonesia dan Gunadarma.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Depok bisa menjadi kota percontohan di Indonesia dengan perkembangan kotanya khususnya di era otonomi saat ini,” ujar Ali Berawi, Direktur Direktorat Riset & Pengembangan Masyarakat (DRPM) Universitas Indonesia (UI), dalam diskusi tentang potensi Kota Depok di kampus UI Depok, Senin (23/11).

Dalam 10 tahun mendatang perkembangan Kota Depok diprediksi akan semakin pesat. Untuk itu Pemkot Depok harus mengimbangi dengan pembangunan proyek infrastruktur untuk menciptakan kota yang lebih berkelanjutan (sustainable city). Pembangunan jalan harus mengikuti pengembangan wilayah yang saat ini terus melebar keluar dari pusat pengembangan yang terpusat di Jl Raya Margonda.

“Depok harus dibangun dengan mengusung sarana transportasi publik dan pedesterian yang mengintegrasikan kawasan komersial dengan hunian khususnya apartemen,” imbuhnya.

Pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru harus terus didorong agar semua wilayah ikut terangkat. Hal ini tidak dapat dihindari mengingat koridor Margonda sudah padat dan dukungan infrastrukturnya semakin terbatas. Kalau integrasi wilayah dapat diciptakan melalui penyediaan infrastruktur dalam 10 tahun mendatang kota ini akan menjadi lebih baik.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me