Kemenpupera Bebaskan Lahan 4.342 Ha Senilai Rp4,2 Triliun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembebasan lahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) tahun 2015 untuk proyek infrastruktur mengalami percepatan signifikan. Dari 4.500 ha yang akan dibebaskan untuk proyek pembangunan jalan realisasinya sudah mencapai 4.342 ha. Anggaran yang terserap mencapai 93,2 persen, senilai Rp4,2 triliun dari Rp4,5 triliun yang dianggarkan.

Jalan tol Trans Sumatera

Ilustrasi

“Tahun 2015 pembebasan lahan untuk pembangunan jalan mengalami percepatan  sangat signifikan. Di Riau berhasil dibebaskan lahan seluas 107 ha untuk jalan tol Trans Sumatera. Proyek JORR untuk ruas Cilincing-Cibitung-Cimanggis-Cinere-Serpong-Bandara juga sudah berhasil pembebasan lahannya,” ujar Sugagyo, Direktur Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan, dan Fasilitas Jalan Daerah Ditjen Bina Marga Kemenpupera, kepada wartawan, Senin (23/11).

Pembebasan lahan yang dilakukan Kemenpupera melalui beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyerahan. Melihat progres pembebasan lahan tahun ini berjalan bagus Kemenpupera mengusulkan ada penambahan anggaran pengadaan lahan tahun 2016.

“Kami mengusulkan anggaran pembebasan lahan tahun depan (2016) sebesar Rp10 triliun. Ini juga untuk menutup kekurangan anggaran tahun 2015 karena sangat berpotensi kurang sehingga kekurangannya ini harus ditambal di tahun berikutnya. Kekurangan pembayaran biasanya akan diselesaikan pada awal tahun dan dibayarkan ke para pemilik lahan,” imbuhnya.

housing-estate.com