Pengelola Perkantoran Diwajibkan Kelola Sampah Secara Mandiri

Big Banner

Jakarta – Pengelolaan sampah di kawasan perkantoran selama ini dinilai kurang terurus dengan baik. Bahkan Dinas Kebersihan (Dinsih) DKI Jakarta mengaku tak tahu ke mana sampah-sampah itu dibuang.

Untuk memberikan pemahaman soal pengelolaan sampah, Dinsih DKI Jakarta pun melakukan sosialisasi tentang kebersihan pada pengelola kawasan. Para pengelola diminta untuk membuat bank sampah dan memilah sampahnya sesuai jenis organik maupun anorganik.

Wakil Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Ali Maulana Hakim, mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk mengenalkan pola pengelolaan sampah dengan skema bussines to bussines (B to B). Pola ini, menurutnya, telah diatur pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 03 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.

“Jadi kita memang fokuskan sosialisasi ke pengelola perkantoran atau kawasan industri. Kita tidak tahu selama ini mereka buang sampahnya di mana. Bisa saja buang sembunyi-sembunyi ke TPS atau ada ‘main’ dengan sopir truk sampah,” ujar Ali di Kantor Dinsih, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (25/11).

Dalam aturannya, sebut Ali, setiap pihak yang membuang sampah wajib dikenai retribusi sebesar Rp 25 ribu per meter kubik. Pihaknya pun mewajibkan seluruh pengelola perkantoran untuk mengelola sampahnya sendiri.

Lebih lanjut Ali mengungkapkan, selama ini para pengelola di perkantoran sebenarnya sudah membuang sampahnya sendiri. Namun ia tidak tahu ke mana sampah itu dibuang. Terlebih mereka juga tidak bisa membuang langsung ke Bantar Gebang, Bekasi. “Takutnya dibuang sembarangan kan kita tidak tahu,” imbuhnya.

Sosialisasi pengelolaan sampah ini digelar sejak Selasa (24/11) hingga Kamis (26/11) mendatang. Sebanyak 225 peserta yang mengikuti sosialisasi berasal dari kawasan perkantoran seperti Sudirman Center Business District (SCBD), Kawasan Industri Pulogadung (KIP), pengelola hotel, dan kawasan lainnya

Priska Sari Pratiwi/FER

BeritaSatu.com

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me