Pemerintah Permudah Asing Perpanjang Hak Pakai Properti – Property

Big Banner

JAKARTA – Pada paket kebijakan ekonomi jilid I, pemerintah menyisipkan kebijakan terkait kemudahan warga negara asing (WNA) untuk memiliki properti di dalam negeri.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan mengakui peraturan tersebut telah selesai dirampungkan. Ferry menjelaskan, selain nantinya pasar WNA dipermudah untuk memiliki properti, para WNA yang telah memiliki properti juga akan dipermudah untuk memperpanjang masa pakainya.

Namun para WNA yang ingin memperpanjang masa pakai properti harus menyertai alasan kebutuhan mengapa ingin memperpanjang masa pakai properti tersebut.

“Aturan masa pakainya masih yang lama. Tapi perubahannya di kalimat jadi bisa diperpanjang selama jika masih dibutuhkan,” tuturnya di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Sebagaimana di ketahui, menurut Peraturan Pemerintah (PP) nomor 41 tahun 1996 tentang pemilikan rumah tangga oleh orang asing yang berkedudukan di Indonesia ketentuan masa pakainya selama 25 tahun. Kepemilikan juga bisa diperpanjang 20 tahun.

Namun menurut Ferry selama ini para WNA yang ingin memperpanjang masa pakai selalu menemui hambatan. Sehingga para WNA mengajukan kepemilikan properti sebagai pemohon baru, bukan untuk memperpanjang.

“Jadi kalimatnya memberikan kepastian. Mereka berhak meminta perpanjangannya. Kami menawarkan untuk evaluasi, mereka cukup memohon saja. Nanti dengan evaluasi itu, kita bisa putuskan diperpanjang atau tidak,” pungkasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me