40 Bendungan Siap Disulap Jadi PLTA – Property

Big Banner

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam waktu lima tahun ke depan akan ada 40 bendungan yang berpotensi dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Basuki menyebutkan, pembangunan bendungan selama satu periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak 49 bendungan. Tahun ini sudah 13 bendungan yang dibangun.

“Dari 49 bendungan yang ada PLTA sekitar 40 bendungan yang bisa dipasang. Kalau megawatt-nya nanti,” kata Basuki di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Basuki menyebutkan, 13 bendungan besar yang sudah masuk kontrak pada 2015 ini akan segera direalisasikan. Sedangkan untuk 2016, pemerintah menargetkan pembangunan delapan bendungan dan masuk pelelangan proyek pada Desember 2015.

Lanjut Basuki, sampai saat ini sudah ada 18 lokasi bendungan yang siap dibangun PLTA. 18 lokasi ini merupakan bendungan yang sudah eksisting atau di luar dari rencana pembangunan 49 bendungan baru

Namun, kata Basuki, pembangunan PLTA pada 18 bendungan yang sudah eksisting ini masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dari Kementerian Keuangan.

“Karena itu memanfaatkan aset pemerintah, kalau dipasang swasta kan ada peraturannya, dan ini belum keluar dari menteri keuangan, tapi ini sudah siap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pengelolaan SDA sudah di bawa ke meja Presiden,” tandasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me