Ingin Renovasi Rumah, Lirik Cara Tukang Borongan Bekerja – Property

Big Banner


JAKARTA – Banyak saat ini masyarakat ingin merenovasi rumahnya, apalagi sudah mulai bosan dengan penampilannya. Hal tersebut diperlukan jasa tenaga kerja, baik yang harian maupun borongan.

Namun, jasa tukang borongan sangatlah dibutuhkan bila melakukan renovasi yang cukup besar. Apalagi hingga berbulan-bulan.

Arsitek Rita Laksmitasari menjelaskan, jasa tukang borongan dibagi dalam dua pola, yaitu penghuni bisa menggunakan jasa dengan borongan keseluruhan untuk tukang melakukan pembelian dari segi bahan-bahan (material) atau hanya borongan tenaga untuk pengerjaan saja.

Dia menerangkan, borongan keseluruhan adalah dalam urusan pembelian bahan-bahan (material) bangunan, tenaga kerja dan proses pengerjaannya diserahkan semua kepada pemborong. Sedangkan bila penghuni hanya ingin menggunakan jasa tenaga, maka untuk urusan bahan-bahan bangunan akan dipegang dikontrol oleh penghuni, lantas proses pengerjaan diserahkan kepada pemborong.

Dia melanjutkan, keuntungan (plus) menggunakan jasa tukang bangunan borongan keseluruhan, selain tentu akan lebih cepat pengerjaannya, penghuni pun tidak perlu merasa direpotkan untuk mengurusi proyek pembangunan rumah karena semuanya sudah diserahkan kepada pemborong.

“Produksi tiga bulan renovasi tapi ternyata bisa lebih cepat dua bulan karena dia mau ambil keuntungan dari pekerjaan. Kalau cepat selesai, laba yang diambil dikontraktor lebih banyak,” ujarnya saat kepada Okezone di Jakarta.

Selanjutnya bagaimana kerugiannya?

(rzy)

1 / 2

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me