Bapertarum Klaim Sudah Bangun 15.000 Rumah PNS

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah, melalui Badan Pertimbangan Tabungan perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bpertarum-PNS) mengklaim sudah membangun 15.000 unit rumah untuk PNS.

Jumlah ini terbagi menjadi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (FLPP) sebanyak 7.000 unit dan non-FLPP sebanyak 8.000 unit.

Menurut Direktur Utama Bapertarum, Heroe Soelistiawan rumah PNS ini diperuntukkan bagi pegawai pemerintah daerah, baik PNS maupun non-PNS.

Di dalam kepegawaian pemerintah ini, guru juga termasuk penerima bantuan Bapertarum.

“Kalau perumahan PNS, sekarang masih sifatnya umum. Kalau ada inisiasi dari Pemda, misalnya pemekaran kantor bupati baru, maka prioritaskan pemda dulu baru PNS yang non pegawai pemda,” ujar Heroe kepada Kompas.com, Rabu (25/11/2015).

Kalau sifatnya untuk umum, kata Heroe, maka dipersilakan untuk mengajukan bantuan uang muka dari Bapertarum.

Sementara untuk guru, belum ada program khusus perumahan dari pemerintah maupun Bapertarum.

Meski demikian, ada beberapa tempat yang membangun perumahan khusus guru antara lain di Balikpapan dan Malang. Di kedua kota ini, masing-masing dibangun perumahan untuk 100 guru.

Pembangunan ini, tambah Heroe, lebih banyak diinisiasi oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Adapun bantuan dari Bapertarum, lanjut dia, hanyalah berupa bantuan uang muka. Sedangkan konstruksinya tetap melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan melalui dana mekanisme pasar.

properti.kompas.com