Proyek KA Trans Sulawesi Target Rampung 2018

Big Banner

Presiden Joko Widodo atau akrab yang disapa Jokowi memenuhi janjianya untuk meninjau proyek Pembangunan Rel Kereta Api Trans Sulawesi. Kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini melanjutkan rencana ground breaking yang sempat tertunda lantaran proyeknya belum berjalan. 

Kereta api ini akan memiliki rute Makassar-Pare Pare sejauh 145,23 kilometer. Tahap pertama pembangunan jalur rel kereta api yang sudah baru dipasang baru sejauh 16,1 kilometer. Anggaran yang telah disiapkan dari APBN untuk proyek kereta api ini sebanyak Rp 971 miliar, yang terdiri untuk konstruksi Rp 771 miliar dan Rp 200 miliar untuk lahan warga. 

Hermanto Dwiatmoko, Dirjen Perretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) megatakan sebanyak 5.000 rel baja didatangkan dari Jepang, masing-masing sepanjang 25 kilometer. Setelah jalur kereta api Makassar-Pare Pare selesai selanjutnya akan dibangun jalur kereta dari Pare Pare hingga Manado (Sulut). 

Presiden menyampaikan semua patut bersyukur karena proyek ini mulai berjalan. Selama pekerjaan konstruksi banyak tenaga kerja yang telah terserap untuk menyukseskan proyek besar ini.  

“Diharapkan tahun 2018 rel KA ini tersambung dan beroperasi,” kata Presiden Jokowi seperti informasi yang diterima Rumahku.com.  

Nantinya kereta api Trans Sulawesi akan dioperasikan oleh PT KAI. Sementara itu untuk manajemen dan karyawan melibatkan masyarakat daerah sekitar. Pembangunan proyek ini menggunakan produk dalam negeri, seperti bantalan dari WIKA dan pengunci dari PINDAD. 

Diharapkan dengan infrastruktur yang semakin memadai, biaya transportasi, logistik dan distribusi mejadi lebih murah dan berpengaruh terhadap menurunnya harga kebutuhan pokok.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me