Pembebasan Lahan Tol Selesai Akhir Tahun Ini

Big Banner

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) merencanakan pembebasan lahan untuk proyek lima ruas tol akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun 2015. 

Adapun lima ruas tol yang dimaksud adalah tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), tol Medan-Kualanamu, tol Balikpapan-Samarinda, tol Manado-Bitung, dan tol Mantingan-Kertosono. Kelimanya mendapatkan pinjaman dana dari pemerintah Tiongkok, China sebesar Rp 10 triliun. 

“Kalaupun lahannya tidak bisa dibebaskan 100 persen hingga akhir tahun nanti, kami jamin proses konstruksi bisa dilakukan,” terang Subagyo, Direktur Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan, dan Fasilitasi Jalan Daerah, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PU-Pera sepeti informasi yang diterima Rumahku.com.

Total lahan yang dibutuhkan oleh masing-masing tol yakni : 

  • Tol Cisumdawu berkisar 1.133 hektare
  • Tol Medan-Kualanamu membutuhkan total lahan 205 hektare – Tol Mantingan-Kertosono membutuhkan lahan seluas 928 hektare
  • Tol Manado-Bitung butuh lahan sekitar 450 hektare
  • Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,2 kilometer

Total lahan yang telah berhasil dibebaskan saat ini untuk tol trans-Sumatera telah mencapai 911 hektare dan ruas tol Trans-Jawa sudah mencapai 3.482 hektare dari kebutuhan sebanyak 5.052 hektare.

 

rumahku.com