Arsitektur Lokal Harus Dipertahankan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perkembangan teknologi dan desain arsitektur modern tidak harus mematikan arsitektur tradisional yang punya kearifan lokal. Untuk itu keberadaan arsitektur lokal perlu didukung oleh riset dan ilmu pengetahuan. Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perumahan dan Permukiman  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Arief Sabaruddin, arsitektur tradisional perlu terus digali dan diaplikasikan karena itu bagian dari jati diri bangsa.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Selama ini banyak arsitektur lokal yang diterapkan berdasarkan hukum adat. Untuk itu perlu dilakukan pendekatan berbasis pengetahuan dan riset dan di era otonomi (setiap) daerah sebaiknya mengembangkan daerahnya dengan menonjolkan arsitektur lokal,” ujar Arief pada acara Jelajah Arsitektur Tradisional 2015 di Jakarta, Rabu (25/11).

Kemenpupera sendiri sebagai motor pembangunan telah melakukan penelitian khususnya untuk bangunan dan lingkungan tradisional. Pelestarian arsitektur lokal sejalan amanat undang-undang yang menyebutkan pemerintah bersama masyarakat harus berupaya memelihara dan melestarikan warisan budaya nasional.

“Pengembangan arsitektur tradisional harus diperkuat dengan regulasi. Bila setiap daerah dikembangkan sesuai arsitektur lokal hal ini akan mendorong pelestarian arsitektur lokal selain membuat wajah kota lebih menarik khususnya bagi wisatawan,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me