Kempupera Gelar “Gowes Bandung-Jakarta”

Big Banner

Bandung – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-70, yang jatuh pada 3 Desember mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) menggelar kegiatan bersepeda bertajuk “Gowes Bandung-Jakarta”. Para peserta Gowes tersebut akan memulai perjalanan sejauh 190 Km selama dua hari, 28-29 November 2015.

Menpupera, Basuki Hadimuljono, melepas secara langsung peserta yang ikut serta kegiatan ini, dari depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/11) pagi. Selain diikuti para pimpinan dan pegawai Kempupera, kegiatan “Gowes Bandung-Jakarta” diikuti pula oleh perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, kontraktor, konsultan dan masyarakat.

Basuki mengatakan, pemilihan depan Gedung Sate sebagai titik start karena tempat tersebut merupakan lokasi bersejarah. Menurutnya, 70 tahun yang lalu, di tempat tersebut 21 orang pahlawan PU memperjuangkan Gedung Sate yang sudah menjadi Kantor PU pada saat itu. Sebanyak 7 orang pejuang gugur saat berupaya mempertahankan gedung tersebut dari serangan sekutu.

Tujuh pahlawan yang gugur itu adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Susilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Untuk mengenang jasa-jasa kepahlawanan mereka dalam mempertahankan Gedung Sate ini dari serangan sekutu, maka mereka diberi gelar “Pahlawan”. Nama mereka ditulis pada Batu Alam besar yang diletakkan di bagian belakang halaman Gedung Sate.

“Peristiwa ini mengingatkan kita bagaimana para pahlawan PU mempertahankan Gedung Sate sebagai Kantor PU dengan mengorbankan nyawa mereka dan saat ini kita sebagai orang PU harus dapat berjuang untuk membangun negara yang kita cintai ini, membangun infrastruktur yang handal demi kepentingan bangsa dan negara,” ujar Menpupera.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga sekaligus Ketua Koordinator Gowes Bandung-Jakarta, Hediyanto W. Husaini, mengatakan, kegiatan bersepeda dijalan dalam dua hari. Pada hari pertama peserta akan mengayuh sepeda dari Bandung ke Cikampek, dan hari kedua mereka akan melanjutkan dari Cikampek ke Kantor Kempupera di Jalan Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta.

“Selain untuk menjaga kesehatan, dengan Gowes ini diharapkan dapat meningkatkan kekompakan di antara keluarga besar Kementerian PUPR dengan mitra kerja dan masyarakat. Para peserta diharapkan dapat menikmati perjalanan bersepeda tersebut,” ucap Hediyanto.

Namun, Hediyanto mengingatkan kepada para peserta untuk tidak memaksakan diri bila dirasa dirinya sudah tidak sanggup untuk melanjutkan kegiatan bersepeda.

“Panitia pun menyiagakan petugas medis dan kendaraan ambulans untuk mengantisipasi bila ada peserta yang kurang sehat,” tambahnya.

Feriawan Hidayat/FER

PR

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me