Potensi Pasar Properti Terbesar Ada di Kelas Menengah

Big Banner

Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, mengatakan, potensi terbesar untuk pengembangan sektor properti yang sedang melesu berada di pengembangan perumahan untuk kelas menengah.

“Saat ini masih banyak pengembang yang mengincar kelas menengah atas yang sebenarnya pasar malah sangat berpotensi di segmen menengah,” kata Ali Tranghanda dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/11).

Menurut Ali, akan lebih bijaksana bila para pengembang dapat mengincar kelas menengah ini dalam rangka penyediaan rumah untuk masyarakat luas dan tidak hanya menjadikan tanah dan rumah sebagai komoditi jual beli.

Malahan, lanjutnya, sebenarnya dengan kondisi pasar yang tidak selaras antara permintaan dan pasokan yang sesuai pasar akan menyelamatkan “cashflow”(aliran kas) pengembang dengan tidak memaksakan main di segmen atas.

“Para pengembang akan bijaksana bila dapat membangun produknya sesuai dengan analisis pasar,” katanya.

Berdasarkan analisis yang dilakukan IPW, diperkirakan akan terjadi penambahan potensi pasar perumahan Indonesia di segmen menengah sebesar 1,5 juta penduduk setiap tahunnya atau 430.000 kepala keluarga (KK).

 

/FER

ANTARA

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me