Bandara Kulon Progo Yogyakarta Akan Dilengkapi KRL

Big Banner

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana membangun kereta listrik (KRL) ke bandar udara (bandara) baru yang sedang dibangun Kecamatan Temon, Kulon Progo.

“Ada beberapa kelebihan yang dimiliki kereta listrik dibanding kereta diesel apabila akan digunakan sebagai moda transportasi massal ke bandara,” ujar Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta, Hendy Helmy, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Dengan pembangunan bandara yang terkoneksi dengan kereta api, maka akses masyarakat ke bandara Kulon Progo menjadi lebih mudah. Kereta api listrik dinilai sebagai moda transportasi yang cukup efektif untuk mempermudah masyarakat yang akan ke bandara.

Menurut Hendy, ada sejumlah kelebihan pada kereta listrik listrik, yakni lebih fleksibel, perawatan lebih mudah dan sederhana, serta kecepatan kereta yang lebih baik daripada kereta diesel. Bahkan kereta api listrik bisa melaju dengan lebih baik di berbagai jenis kemiringan sehingga memudahkan pembangunan jalurnya.

Selain itu, Hendy memperkirakan kereta api listrik dapat menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari bandara Kulon Progo ke Yogyakarta kurang lebih 20-30 menit saja dengan kecepatan sekitar 70 kilometer per jam.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me