Pemprov DKI Sediakan Rusunawa untuk Petugas PPSU

Big Banner

Jakarta – Pemerintah provinsi DKI Jakarta kini tengah menyiapkan rusun bagi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di Jakarta. Salah satu yang saat ini sedang dibangun adalah rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur. Rusun ini nantinya disediakan bagi PPSU pria yang masih lajang atau belum menikah.

Kepala Unit Pengelola Rusun Wilayah III DKI Jakarta, Sayid Ali, mengatakan, penyediaan rusun ini merupakan keinginan dari Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

“Rusun ini memang keinginan pak gubernur, yang masih lajang disediakan rusun supaya mandiri. Pertama dibangun di Rawa Bebek, nanti di tiap wilayah Jakarta akan dibangun juga,” ujar Ali, Minggu (29/11).

Tiap unit rusun ini memiliki luas 24 meter persegi dengan fasilitas tempat tidur tingkat, lemari, meja makan, dan dua kamar mandi. Menurut Ali, unit rusun ini menyerupai bentuk mess karena tidak memiliki dapur. Nantinya petugas PPSU akan dipungut biaya sebesar Rp 425 ribu per bulan.

“Biayanya lebih mahal karena mereka bukan korban gusuran. Tapi itu bisa dibagi dua karena satu unit rusun memang untuk dua orang,” jelasnya.

Rusun tersebut, kata Ali, dibangun lima lantai dengan dibagi menjadi enam blok di mana tiap blok terdiri dari 125 unit rusun.

Ia menambahkan, PPSU yang bersedia menempati rusun hanya perlu menyiapkan KTP, Kartu Keluarga, dan surat dari pimpinan yang menyatakan bahwa petugas benar-benar bekerja sebagai PPSU serta pernyataan jika belum menikah.

“Kalau ternyata mau menikah atau sudah menikah, konsekuensinya harus keluar. Penghuni bisa tinggal selama dua tahun dan dapat diperpanjang,” imbuhnya.

Sementara untuk PPSU perempuan, pihaknya telah menyiapkan satu blok khusus yang dibedakan dengan unit rusun untuk para pria. Namun menurut Ali tak menutup kemungkinan jumlah blok yang diberikan akan ditambah.

“Kita sesuaikan unit yang untuk perempuan, kalau memang banyak peminat akan kita tambah,” pungkasnya.

Priska Sari Pratiwi/FER

BeritaSatu.com

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me