Naomi Campbell Dapat Kado Ultah Rumah

Big Banner

KOMPAS.com – Pada ulang tahunnya yang ke-41 pada 2011, Naomi Campbell mendapatkan kado berupa rumah liburan di sebuah pulau dari pacarnya, Vladislav Doronin, seorang milyuner asal Rusia.

Rumah itu memiliki bentuk Mata Dewa Horus (mitologi Mesir) dan berlokasi di Pulau Cleopatra di Teluk Gokova, Turki.

Perancangnya adalah arsitek Spanyol, Luis de Garrido, yang memiliki spesialisasi dalam menciptakan bangunan-bangunan berkelanjutan.

Rumah dengan nama Eco-House Horus itu dibangun lengkap dengan sumber daya energi, air, dan kemampuan membuat makanan sendiri.

Seperti proyek-proyek lainnya, Luis juga menggunakan desain bioclimatic dalam pembuatan Eco-House Horus guna mengatasi tantangan efisiensi.

Dari desain tersebut, terciptalah rumah berbentuk kubah dengan jumlah kamar tidur tidak kurang dari 25 buah dengan 5 lounge di dalamnya.

Seorang perwakilan dari perusahaan arsitek Luis de Garrido menyatakan bahwa Eco-House Horus bukanlah sebuah rumah yang mahal meski dirancang sedemikian rupa.

Bila dibandingkan dengan rumah lain yang sejenis, struktur Eco-House Horus tidaklah mahal. Artinya, ini bisa menunjukkan bahwa rumah berkelanjutan bisa dibangun secara murah.

“Selain itu tidak menggunakan biaya tambahan terlalu banyak berkat desain bioclimatic yang dipelajari dengan baik,” jelasnya.

Garis hitam yang terdiri dari panel fotovoltaik digunakan untuk merancang bentuk mata dari Eco-House Horus.

Panel-panel itu saling berkombinasi dengan sistem panas bumi untuk menyediakan semua kebutuhan energi rumah.

Dengan rancangan bioclimatic, Eco-House Horus juga mampu menjaga suhu rumah agar tetap hangat ketika musim dingin datang.

Caranya adalah dengan memaksimalkan lantai kaca untuk membiarkan sinar matahari masuk hingga ruang bawah tanah.

Pulau Cleopatra yang memiliki nama asli Pulau Sediri telah menjadi resor tujuan wisata di Teluk Gokova, Turki semenjak zaman Romawi kuno.

Pasir pantai Pulau Cleopatra dianggap luar biasa dan berbeda dari pantai-pantai lain di dekatnya.

Legenda setempat mengatakan bahwa Mark Antony mengimpor pasir tersebut khusus untuk Cleopatra, yang tidak akan menginjakkan kakinya di setiap lahan yang bukan milik Mesir.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me