Realisasi Pembangunan Rumah Murah Masih Sangat Minim – Property

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan mencatat capaian target rumah swadaya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) masih sangat minim.

Sekretaris Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Heri Eko Purwanto, memaparkan untuk pembangunan rumah baru di atas tanah yang disiapkan MBR baru tercapai 1.689 unit dari target 500 ribu unit dalam lima tahun (2015-2019). Sedangkan untuk perbaikan baru 660 ribu atau 44 persen dari target 1,5 juta.

“Ini capaian cukup rendah dibandingkan pembangunan rumah yang lain. Karena itu, kami akui dari sekian target pembangunan dan perbaikan rumah swadaya baru, capaiannya masih kecil,” jelas Heri di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Oleh karena itu, Heri mengatakan dibutuhkan keterlibatan Pemerintah Daerah supaya 2016 seluruh target dapat tercapai dan akuntabel. “Kita akan berusaha keras di sisa waktu satu bulan terakhir ini, agar serapan rumah swadaya bisa lebih meningkat,” kata dia.

Sekadar informasi, pemerintah mendapat amanat membantu MBR untuk pembangunan rumah melalui skema swadaya. Untuk itu, pemerintah menyiapkan dua pilihan, pertama pembangunan rumah baru dan peningkatan kapasitas rumah yang tidak layak huni.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me