Rp1,6 Triliun Disiapkan untuk Bangun Rumah Murah – Property

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki skema swadaya untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki sebuah rumah. Melalui skema tersebut, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran rumah murah 2016 Rp1,6 triliun.

Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR, Hardi Simamora, MBR yang akan membangun rumah baru diberikan bantuan Rp15 juta dan peningkatan kapasitas rumah yang tidak layak huni Rp30 juta.

“Tahun ini alokasi anggaran kira-kira Rp1,4 triliun lebih tahun depan Rp1,6 triliun. Dengan anggaran itu kita akan bantu MBR dengan skema swadaya. Kita sudah pisahkan program swadaya dalam dua pilihan, pertama swadaya untuk perbaikan kita berikan Rp15 juta dan pembangunan baru Rp30 juta untuk peningkatan kualitas,” papar Hardi, di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Menurutnya, swadaya merupakan prakarsa dan upaya masyarakat. Artinya, program ini tidak bisa membantu masyarakat miskin karena tidak ada upaya membangun rumah. “Kalau untuk masyarakat miskin kita akan serahkan kepada Kementerian Sosial. Tapi kalau ada prakarsa pendapatan masih diusahakan,” paparnya.

Sebelumnya, Sekretaris Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Heri Eko Purwanto, memaparkan bahwa skema swadaya belum terserap dengan baik. Untuk pembangunan rumah baru di atas tanah yang disiapkan MBR baru tercapai 1.689 unit dari target 500 ribu unit dalam lima tahun (2015- 2019). Sedangkan untuk perbaikan baru 660 ribu atau 44 persen dari target 1,5 juta.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me