BPBD DKI: Februari 2016 Jakarta Banjir

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperkirakan Jakarta akan kembali direndam banjir pada bulan Februari 2016. Menurut Ketua Pelaksana BPBD DKI Jakarta Denny Wahyu Haryanto, prediksi ini karena pada bulan tersebut curah hujan yang turun akan mencapai 100 milimeter per hari sehingga sangat berpotensi menyebabkan banjir.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Perkiraaannya, mulai akhir Januari hingga Februari atau awal tahun depan, eskalasi curah hujan di Jakarta akan sangat tinggi. Hujan deras ini bisa terjadi sekaligus atau turun sedikit demi sedikit selama beberapa hari. Kalau curah hujan turun setiap hari mungkin ini volumenya rendah, tapi kami mempersiapkan skenario terburuk,” ujarnya saat gladi bersih persiapan banjir Jakarta di Balakota, Selasa (1/12).

Curah hujan yang tinggi ini juga tidak hanya terjadi di Jakarta tapi hampir di seluruh kawasan Jabodetabek sehingga beberapa alirannya akan mengalir menuju hilir ke Jakarta. Hal ini semakin meningkatkan potensi banjir di Jakarta terlebih dengan belum selesainya proyek sodetan maupun  revitalisasi aliran sungai yang mengalir di Jakarta.

“Jadi kalau di Bogor dan Jakarta hujan deras secara bersamaan, ini yang perlu dilakukan antisipasi. Terlebih kalau curah hujan yang turun volumenya mecapai 280 milimeter dalam satu hari, ini hampir pasti terjadi banjir di Jakarta,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me