Menteri Agraria: Lahan Negara Bisa Dimanfaatkan Program Sejuta Rumah?

Big Banner

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian ‎Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendukung penuh program sejuta rumah bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Perwujudannya, pemerintah akan terus menyediakan lahan-lahan yang bisa dimanfaatkan dan dibangun untuk perumahan.‎ Dengan langkah demikian, dalam waktu dekat diharapkan pemerintah dapat memenuhi target sejuta rumah‎.

“Memang (lahan-lahan pemerintah) itu bisa menjadi bagian yang bisa dimanfaatkan,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan pertanahan nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan, dalam Rakornas Real Estate Indonesia (REI) 2015, Rabu (2/12).

Dalam kesempatan tersebut, Ferry juga mengimbau kepada REI, sebagai pihak pengembang perumahan, melakukan komunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat guna menentukan titik-titik mana saja yang dinilai layak dan memenuhi kriteria dibangunnya perumahan rakyat.

“REI dan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat perlu menyusun peta dimana akan dibangun rumah-rumah untuk rakyat. Ketika menunjuk titik dan di atas tanah milik negera dan tidak dimanfaatkan untuk kementerian atau lembaga, maka itu bisa dilepas. Jadi ini simpel saja,” jelasnya.

Selama ini, diakui, ‎Presiden Joko Widodo juga telah menginstruksikan untuk memanfaatkan lahan-lahan milik negara yang belum tergarap atau termanfaatkan. Dengan demikian, ada kesamaan visi, misi dan tujuan dalam mendukung program sejuta rumah di Indonesia.

Suara Pembaruan

Yeremia Sukoyo/WBP

Suara Pembaruan

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me