Pemda Harus Miliki Perda Bangunan Gedung

Big Banner

Pada 2019, semua kabupaten/kota se-Indonesia harus memiliki peraturan daerah (Perda) Bangunan Gedung. Jika tidak, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak dapat turun ke daerah.

Pandangan tersebut mengemuka dalam seminar atau talk bertema “Prilaku Tropis dalam Pengembangan Kawasan Urban dan Praktik Arsitektur Kontemporer” di Jakarta, Rabu (2/12). Seminar ini merupakan rangkaian talks bertema “Melembagakan Undang-undang Bangunan Gedung Menuju Kota Layak Huni dan Berkelanjutan” yang dilaksanakan atas kerja sama Kementerian PU-PR dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Salah satu pembicara Diana Kusumastuti, Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Bina Penataan Bangunan, Ditjen Cipta Karya Kementerian PU-PR mengatakan, UU Bangunan Gedung harus diturunkan dalam Perda untuk penerapannta. Hingga 2015, Kementerian PU-PR sudah memfasilitasi 329 kabupaten/kota untuk menyusun Perda Bangunan Gedung.

“Pada tahun 2019, semua kabupaten/kota harus memiliki perda Bangunan Gedung. Kalau tidak punya, APBD tidak dapat turun ke daerah,” tegas Diana.

Acara talk ini diharapkan mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran sosialisasi UU bangunan gedung serta konsep green. Para ahli yang berkompeten di bidangnya akan hadir seperti Budiman Hendropurnomo, Direktur cabang Indonesia dari biro arsitek internasional Denton Corker Marshall.

Pembicara lainnya Prof. Jason Pomeroy, arsitek berprestasi, perencana dan akademisi di bidang lingkungan buatan yag berkelanjutan. Ada pula Manit Rastogi, Mitra Pendiri Morphogenesis, salah satu arsitektur dan rancang kota ternama dari India. Pakar lain yang akan memberikan sumbangan pemikirannya adalah Paulus Mintarga (pendiri rumah desain Rempah Rumah Karya), Effan Adhiwira (arsitek Indonesia yang mendalami penggunaan struktur bambu), Eko Prawoto (arsitek dan pendidik asal Indonesia yang mengombinasikan desain kontemporer dengan kekayaan lokal).

Investor Daily

Pamudji Slamet/Feriawan Hidayat/PAM

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me