Properti di Pinggiran Jakarta Bakal Lebih Berkembang – Property

Big Banner

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dalam surveinya mencatat, harga properti residensial di kuartal IV-2015 akan mengalami kenaikan sebesar 0,53 persen dibandingkan kuartal III-2015. Kenaikan terjadi dengan indeks 189,40 dibandingkan indeks sebelumnya 188,65.

Pengamat properti yang sekaligus Direktur Utama Informasi Properti, Sudewo, menilai properti akan terus tumbuh. Namun, pertumbuhan terbesar bukan terjadi di Jakarta, melainkan di daerah satelit dan kota penyangga seperti Bekasi dan Tangerang.

“Perkembangan (properti) masih bagus, apalagi di wilayah-wilayah pinggir Jakarta,” katanya kepada Okezone di Jakarta.

Dia mengatakan, selain harga properti residensial yang mengalami kenaikan, harga rumah untuk tipe menengah juga akan naik sekitar 0,38 persen dengan indeks 186,99 pada kuartal IV tahun 2015 dibanding kuartal III dengan indeks 186,28.

Sedangkan untuk rumah tipe besar, akan mengalami kenaikan sebesar 0,25 persen, dengan indeks 167,54 pada kuartal IV dibandingkan posisi saat ini sebesar 167,11 pada kuartal III.

Menurutnya, meskipun penjualan diprediksi menurun di tahun depan, dia tetap optimistis prospek penjualan properti masih akan bagus. “Pasti ada penjualan yang menurun dengan survey harga yang dirilis BI mengalami kenaikan, tapi saya pikir kita harus tetap optimis,” katanya.

(mrt)

property.okezone.com