20% Masyarakat Mampu Beli Rumah Sendiri

Big Banner

Jakarta – Pemerintah mengklasifikasikan masyarakat ke dalam tiga kelas terkait dalam kemampuan memenuhi kebutuhan akan hunian. Dari tiga kelas tersebut sebanyak 20% masyarakat mampu memenuhi kebutuhan hunian dengan penghasilannya sendiri.

“Lalu, 40% merupakan kelompok masyarakat yang memerlukan fasilitas dan subsidi dari pemerintah,” ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus, dalam publikasinya di Jakarta, Kamis (3/12).

Dilihat dari penghasilannya, tambah dia, kelompok kedua itu belum memungkinkan untuk membeli rumah dari penghasilannya sendiri. Mereka menjadi target group Rancangan Undang Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Menurut Maurin, sebanyak 40% merupakan kelompok masyarakat yang kalau diberikan bantuan subsidi pun tetap tidak akan mampu membeli rumah.

“Kelompok ini oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diberikan fasilitasi berupa rumah khusus, rusunawa, bantuan perbaikan rumah tidak layak huni serta bantuan pembangunan rumah secara swadaya,” tutur Maurin.

Investor Daily

Imam Mudzakir/Edo Rusyanto/EDO

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me